Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kepemimpinan Demokratik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja

  • Dawam Dawam Universitas Lancang Kuning
  • Adolf Bastian Universitas Lancang Kuning
  • Helwen Heri Universitas Lancang Kuning
Keywords: kompetensi manajerial dan kemampuan demokratik, kinerja guru, motivasi

Abstract

Penelitian ini didasari dengan perlunya pemimpin memiliki kompetensi manajerial dan kemampuan demokratik. Kedua hal ini menarik untuk dikaji pada suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompetensi manajerial dan kepemimpinan demokratik kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Penelitian dilaksanakan di MTs yang ada di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dengan sampel sebanyak 50 sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan penyebaran kuesioner, dengan skala Likert. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS melalui software SmartPLS Versi 2.0 M3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi manajerial berpengaruh signifikan tetapi kepemimpinan demokratik tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Kepemimpinan demokratik berpengaruh signifikan tetapi kompetensi manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja. Untuk mediasi motivasi kerja, menunjukkan hasil kompetensi manajerail dan kepemimpinan demokratik tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru MTs di Kecamatan Bukit Batu. Sebagai kesimpulan, kompetensi manajerial memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sedangkan kepemimpinan demokratik memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-12
How to Cite
Dawam, D., Bastian, A., & Heri, H. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kepemimpinan Demokratik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(1), 65-85. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i1.9330
Abstract viewed = 734 times
PDF downloaded = 765 times