Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru

  • Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru
Keywords: Educational Adiwiyata and Environmental Care

Abstract

Abstrak

Sekolah Adi Wiyata merupakan wahana dan sistem yang penting dalam pengembangan karakter peduli lingkungan untuk mencegah kerusakan lingkungan lebih lanjut. Sistem pendidikan dalam sekolah Adi Wiyata membelajarkan siswa secara holistik tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap lingkungan, selain juga menjadi gerakan peduli lingkungan yang melibatkan seluruh stakeholders sekolah: siswa, guru, tenaga administrasi, orang tua, serta masyarakat sekitar. Dengan demikian sekolah dapat menjadi wahana dan sistem yang nyaman dan dinamis bagi siswa untuk megembangankan good knowing, good filling, dan good acting tentang lingkungan hidup. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kualitatif dengan mengamati situasi sosial yang ada di lapangan. Populasi dalam penelitian kualitatif dinamakan “social situation” yang terdiri atas tiga elemen yaitu: tempat (place), pelaku (actors), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Ketiga elemen tersebut yang dijadikan sebagai objek penelitian untuk mengetahui peristiwa apa yang terjadi di dalamnya untuk mencapai tujuan penelitian. Tujuan penelitian tersebut untuk mengetahui perilaku siswa/i SD Negeri 6 Pekanbaru dalam implementasi Adiwiyata. Teknik pengumpulan data secara partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Adiwiyata Sangat memiliki dampak terhadap SDN 6 Pekanbaru antara lain adalah sekolah dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan kawasan yang peduli dengan lingkungan dan dapat  menciptakan siswa - siswi yang sadar akan lingkungan.

Abstract

Nowadays more widespread environmental damage and touching the physical and moral aspects of society. Damage to water, air, land and forests due to human behavior directly or indirectly, has proven to be bad for human life itself. School Adi Wiyata program is a vehicle and systems are important in the development of the character concerned about the environment to prevent further environmental damage. The education system in Adi Wiyata school program students in holistically about the knowledge, skills, and attitudes of the environment, in addition to being the environmental movement that involves all stakeholders of the school: students, teachers, administrators, parents and the surrounding community. Thus the school can be a vehicle and a comfortable and dynamic system for students to develop for good knowing, good filling and good acting on the environment.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonimeus. 2011. Pengertian Sekolah Adiwiyata, (online) (http://gerakanpramukaganesa.blogspot.com/2011/02/adiwiyata-adalah-program-terhadap.html) diakses 13 Juli 2013
Anonimeous, Sekolah Adi Wiyata. (online) http://blhkotabengkulu.web.id-/index.php?option=com_content&view=article&id=185:adi&catid=34:jasa-raharja-mendukung-qmenuju-bengkulu-hijauq, diakses 13 Juli 2013

Jamal Ma‟mur Asmani. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai- Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
(2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan
Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.E- Book. Diakses dari http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/ pada tanggal 11 November 2013, jam 13.24 WIB.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyuni, S. (2017). Motivasi Belajar Anak Yang Berasal Dari Keluarga Miskin Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Konseling. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01).

Sudharto, P. Hadi. 2013. Manusia dan Lingkungan. Balai Pustaka: Undip.

Sugiyono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wahyuni, S. (2017). MOTIVASI BELAJAR ANAK YANG BERASAL DARI KELUARGA MISKIN DAN IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN KONSELING. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01).

Saleh Ahmar, A., Kurniasih, N., Irawan, D. E., Utami Sutiksno, D., Napitupulu, D., Hafid, H., ... & Iskandar, A. (2018, January). Lecturers' Understanding on Indexing Databases of SINTA, DOAJ, Google Scholar, SCOPUS, and Web of Science: A Study of Indonesians. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 954, No. 1).
[

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2011. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli danLingkungan.

Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Published
2018-04-02
How to Cite
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123-133. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1171
Abstract viewed = 2755 times
Yeni.pdf downloaded = 0 times