Pengaruh Gawai Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kel.Cikande Permai, Kab.Serang

  • Nia Andin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Atin Fatimah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tri Sayekti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: anak usia 5-6 tahun, gawai, kemampuan interaksi sosial

Abstract

Kehidupan di masa sekarang sangat lah di tuntut untuk selalu memahami trend digital.tidak bisa kita pungkiri bahwasanya teknologi semakin berkembang pesat setiap waktu. Dengan memperkenalkan gawai kepada anak agar anak terhindar dari gagap teknologi,namun banyak terjadi kasus orang tua memberikan anak nya gawai agar anak tersebut bisa menahan dirinya jika sedang memberontak atau bermain di luar rumah. pada kondisi sekarang ini,tingkat penggunaan gawai pada anak cukup tinggi berdampak terhadap mengurang nya tingkat berinteraksi sosial yang mereka lakukan. Kecenderungan penggunaan gawai secara berlebihan dan tidak tepat dapat membuat seseorang menjadi acuh terhadap lingkungannya baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat.penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gawai terhadap kemmapuan interaksi sosial anak usi 5-6 tahun .Metode penelitian yang digunakan kuanittatif dengan jenis penelitiannya yaitu ex-post facto.Populasi penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK yang berada di kelurahan cikande permai.Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling.Alat pengumpul data berupa kuisioner kemampuan interaksi sosial dan pengaruh gawai serta dokumentasi . Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t.Berdasarkan analisis statistik t-test diperoleh thitung sebesar -3.500  > ttabel 1,69913 dapat diartikan jika terjadi peningkatan intensitas penggunaan gawai maka terjadi penurunan perkembangan pada kemampuan interaksi sosial anak, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima .maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai berpengaruh terhadap perkembangan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK Kelurahan Cikande Permai,Serang-Banten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mayasari, L. P. R., Sinarwati, N. K., & Yuniarta, G. A. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal pada Pemerintah Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Ganesha, 2(1), 11.
Norkhalifah, S. (2021). Pengaruh Pembatasan Interaksi Sosial di Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini.
Novitasari, W. &. (2016). Dampak Penggunaan Gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun.
Permata, D. C. (2015). Pemanfaatan Ponsel cerdas sebagao media belajar bagi orang tua dalam mendukung stimulasi perkembangan anak usia dini .
Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139.
Tarigan, M. B. (2018). Hubungan gaya hidup remaja terhadap kejadian anemia pada remaja putri kelas X di SMAN 2 Binjai Tahun 2018. Jurnal mutiara pendidikan indonesia.
Wulansari, N. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya. PT. Raja Grafindo Persada.
Zalukhu, N. (n.d.). Analisis Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di SMA Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2018/2019. KAUKO, 1(1), 46-60. 2021.
Published
2023-10-10
How to Cite
Andin, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2023). Pengaruh Gawai Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kel.Cikande Permai, Kab.Serang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(01), 52-63. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i01.16340
Abstract viewed = 82 times
PDF downloaded = 139 times