Pengembangan Model Pengembangan Pembelajaran Manajemen Bencana Alam Banjir Untuk Anak Usia 4-5 Tahun

  • Yanti BP PAUD dan DIKMAS Riau
Keywords: Mitigasi bencana Banjir, anak usia dini

Abstract

Latar belakang pengembangan model pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun antara lain: 1) Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam. Provinsi riau adalah salah satu bagian dari Indonesia yang juga rawan terkena bencana alam. 2) Salah satu bencana alam yang sering terjadi adalah bencana Hydro-meteorologi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau (2016) menyatakan ribuan rumah di Kabupaten Kampar tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Kampar setelah pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang. Bencana hidrometeorologi meliputi aspek cuaca, iklim dan perubahan iklim. yang termasuk ke dalam bencana hidrometeorologi yaitu banjir, kekeringan, angin. 3) Berdasarkan hasil observasi dan wawacara tim pengembang pada saat studi eksplorasi di PAUD Kabupaten Kampar, ditemukan bahwa banjir sampai ke dalam ruangan belajar anak, Anak Usia dini memang dalam kondisi yang belum siap dalam menghadapi banjir. Sehingga ada anak yang hanyut ketika banjir dan tidak sedikit pula anak yang menderita penyakit kulit atau kudisan.

Tujuan dikembangkan model ini adalah untuk 1) menyusun Pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun, 2) menyusun panduan rancangan pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun, 3) menyusun media pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun menggunakan buku cerita dan lembar kerja anak, dan 4) menyusun panduan penggunaan media pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun.

Metode yang dipergunakan yang dipergunakan dalam proses pengembangan model ini adalah Research and Development dengan langkah-langkah dan tahapannya. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain: wawancara, angket, observasi, dan Focus Group Discussion. Sedangkan analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskripstif kualitatif untuk menjelaskan hasil studi lapangan, FGD, dan ujicoba penyelenggaraan pembelajaran, serta analisis deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan hasil validasi naskah.

Hasil validasi naskah Model dan Panduan Pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun  termasuk dalam kategori sangat sesuai. Sedangkan hasil ujicoba penyelenggaraan Pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun dapat dilihat pada pencapaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian, secara keseluruhan dapat disimpulkan tingkat pemahaman peserta didik meningkat setelah mengikuti pembelajaran.

Simpulan hasil pengembangan model pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun adalah sebagai berikut: 1) tersusunnya naskah model dan panduan yang telah divalidasi, 2) tersusunnya perencanaan pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun , 3) melaksanakan Pembelajaran manajemen bencana alam untuk anak usia 4-5 tahun , dan 4) menilai tingkat percapaian peserta didik mengenai manajemen bencana alam banjir yang mencakup perkembangan fisik motorik, Bahasa, Kognitif, Nilai Agama dan Moral, Sosial emosional dan seni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Agus Maryono, Menangani Banjir, Kekeringan, dan Lingkungan. Gadjah Mada University Press: 2014.
[2] Chaeroni, Wahyu Hendriyono, Widjo Kongko 2013. Pemodelan Tsunami dan Pembuatan Peta Rendaman untuk Keperluan Mitigasi di Teluk Jurnal Penanggulangan Bencana Volume 4 Nomor 2.
[3] Daryanto dan Agung Suprihatin, Pengantar Lingkungan Hidup, Yogyakarta, Gava Media: 2013.
[4] Dodge, Diane Trister. Creative Curriculum. Washington DC: Teaching Strategies Inc, 2002.
[5] Ibnu Rusydy. Melek Bencana. www.Ibnurusydy.com, diakses 8 Februari, 2016.
[6] Josef Tanusaputra, Bertahan Hidup di negeri Bencana, Jakarta, Elex Media Komputindo: 2015
[7] Mochamad Chazienul Ulum. 2013. Governance dan Capacity Building dalam Manajemen Bencana Banjir di Indonesia. Jurnal Penanggulangan Bencana Volume 4 Nomor 2.
[8] Nurjannah,dkk, Manajemen Bencana, Bandung, Alfa Beta: 2012.
[9] Sriwahyuni, S., & Efastri, S. M. (2017). PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI POTENSI SUMBER DAYA ALAM. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 5-9.
[10] Sudibyakto, Manajemen Bencana di Indonesia Kemana?, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press: 2011.
Published
2019-04-29
How to Cite
Yanti. (2019). Pengembangan Model Pengembangan Pembelajaran Manajemen Bencana Alam Banjir Untuk Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 1-12. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2495
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 37 times