PENERAPAN METODE IQRO SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TK HIAMA KIDS
Abstract
Mengajarkan membaca Alquran pada anak usia dini bukan hal mudah, karena selain memerlukan pengetahuan seorang pendidik juga harus mengetahui metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode iqro sebagai kemampun dasar membaca Al-Quran di TK HIAMA kids. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa pedoman wawancara, observasi dan dol
kumentasi untuk memperoleh data dan menganalisisnya bagaimana penerapan metode Iqro sebagai kemampuan dasar membaca Al-Qur’an di TK HIAMA Kids.
Dari hasil penelitian, adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqro di TK HIAMA kids, hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa TK HIAMA Kids senang belajar Al-Quran dengan menggunakan metode Iqro sehingga mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan tajwid yang baik.
Kata Kunci: penerapan, metode Iqro, Al-Quran
Downloads
References
Al-Hafizhah. Ummi Rif'ah Ishaq. 2009. Pedoman Tilawah Al-Qur'an Ilmu Tajwid. Jakarta: Syukur Press, 2009.
Boediono, ed., 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur'anulkarim Terjemahan Perkata. Bandung: Syaamil Al- Qur'an.
Diknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat 1.
Hafizah, Muhammad Nur Abduh Hafizah. 2000. Mendidik Anak Bersama Rosullullah. Bandung: al-Bayan.
Husnan, Djaelan, dkk, 2009. Islam Integral Membangun Kepribadian Islami (Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta
Marimba, Ahmad D. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al- Maarif.
Materi Penataran Calon Guru dan Pengelola TK/TP al – Qur’an, Petunjuk Mengajar Buku Iqro’ dan Metode Pengelolaannya. Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK al – Qur’an BKPRMI
Mentri Agama RI. 1991. Buku Iqro Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran. Jakarta: Departemen Agama Pusat
Mu’min, M. CH. 1991. Petunjuk Praktis Mengelola TK Al-Qur’an. Jakarta: PT Fikahati Aneske.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulfitria, 2017. Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2 (April 2017): 124-134
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.