PENERAPAN METODE IQRO SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TK HIAMA KIDS

  • Zulfitria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zainal Arif universitas muhammadiyah Tangerang
Keywords: penerapan, metode Iqro, Al-Quran

Abstract

Mengajarkan membaca Alquran pada anak usia dini bukan hal mudah, karena selain memerlukan pengetahuan seorang pendidik juga harus mengetahui metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode iqro sebagai kemampun dasar membaca Al-Quran di TK HIAMA kids. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa pedoman wawancara, observasi dan dol

kumentasi untuk memperoleh data dan menganalisisnya bagaimana penerapan metode Iqro sebagai kemampuan dasar membaca Al-Qur’an di TK HIAMA Kids.

Dari hasil penelitian, adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqro di TK HIAMA kids, hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa TK HIAMA Kids senang belajar Al-Quran dengan menggunakan metode Iqro sehingga mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan tajwid yang baik.

                                                          

Kata Kunci: penerapan, metode Iqro, Al-Quran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Qattan, Manna Khalil. 2001. Studi Ilmu-Ilmu Qur'an, terjemah Mudzakir AS. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
Al-Hafizhah. Ummi Rif'ah Ishaq. 2009. Pedoman Tilawah Al-Qur'an Ilmu Tajwid. Jakarta: Syukur Press, 2009.
Boediono, ed., 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur'anulkarim Terjemahan Perkata. Bandung: Syaamil Al- Qur'an.
Diknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat 1.
Hafizah, Muhammad Nur Abduh Hafizah. 2000. Mendidik Anak Bersama Rosullullah. Bandung: al-Bayan.
Husnan, Djaelan, dkk, 2009. Islam Integral Membangun Kepribadian Islami (Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta
Marimba, Ahmad D. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al- Maarif.
Materi Penataran Calon Guru dan Pengelola TK/TP al – Qur’an, Petunjuk Mengajar Buku Iqro’ dan Metode Pengelolaannya. Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK al – Qur’an BKPRMI
Mentri Agama RI. 1991. Buku Iqro Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran. Jakarta: Departemen Agama Pusat
Mu’min, M. CH. 1991. Petunjuk Praktis Mengelola TK Al-Qur’an. Jakarta: PT Fikahati Aneske.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulfitria, 2017. Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2 (April 2017): 124-134
Published
2019-04-29
How to Cite
Zulfitria, & Zainal Arif. (2019). PENERAPAN METODE IQRO SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TK HIAMA KIDS. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 57-66. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2501
Abstract viewed = 6434 times
PDF downloaded = 27425 times