Pengaruh Gerak Dan Lagu (Music And Movement) terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu

  • Ni Made Arwati PAUD Kasih Ibu
  • Siti Fadillah M.Pd Universitas Lancang Kuning

Abstract

Meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu dengan menggunakan metode gerak dan lagu (music and movement) pada kelas A2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian yaitu anak PAUD Kasih Ibu sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini yaitu kosakata bahasa Inggris. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS 21.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gerak dan lagu (music and movement) dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh persentase 35.00 dan sesudah perlakuan meningkat menjadi 70.00. Selain itu, nilai N-Gain dari kelas eksperimen yaitu 0.54, ini menunjukkan bahwa metode gerak dan lagu memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris anak. Nilai hipotesis sesudah perlakuan yaitu 0.000, ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan metode gerak dan lagu (music and movement) terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Asriana, dkk. 2013. Pengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di TK Education 21 Kulim Pekanbaru. Universitas Riau. https://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/ 123456789/3396/JURNAL%20ASRIANA.pdf?sequence=1 diakses 9 Mei 2018.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dardjowijojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Dhieni, N, dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Einon, Dorothy. 2005. Permainan Cerdas Untuk Anak Usia 2-6 Tahun. Jakarta: Erlangga.
Fitrianti, D. dan Reza, M. 2013. Mengembangkan Kegiatan Gerak dan Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Surabaya. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/paud-teratai/article/view/3957/2007 diakses 9 Mei 2018.
Gunarti, W., Suryani, L., dan Muis, A. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
2019-04-30
How to Cite
Ni Made Arwati, & M.Pd, S. F. (2019). Pengaruh Gerak Dan Lagu (Music And Movement) terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 67-75. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2514
Section
Articles