Hubungan Aktivitas Penggunaan Teknologi Untuk Pembelajaran Pengembangan Oleh Guru PAUD

  • febrialismanto febrialismanto Universitas Riau
  • Hidayatun Nur Universitas Islam Riau
Keywords: TIK PAUD, Guru PAUD, Pembelajaran Pengembangan

Abstract

Perang guru dalam pembelajaran sangat besar salah satunya adalah kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran. Guru juga harus memiliki kemampuan untuk dapat mengatahui dan juga untuk menggunakan TIK. Guru yang maju adalah guru yang dapat menjadikan TIK untuk mempersiapkan pembelajaran ataupun menggunakan dalam proses pembelajaran. Pada PAUD mempersiapkan perkembangan agar dapat berkembang dengan baik. Perkembangan tersebut berupa kognitif, bahasa, motorik, nilai agama dan moral, serta sosial. Perkembangan anak tersebut diramu dalam pembelajaran pengembangan untuk masing masing perkembangannya. Aktivitas guru dan pendukung menggunakan teknologi seperti menggunakan mutimedia, wifi, menggunakan android, memiliki sosmed tidak memiliki hubungan dengan pembelajaran pengembangan oleh guru. Aktivitas penggunaan serch engine yang memiliki hubungan dengan pembelajaran pengambangan oleh guru. Dari hasil peneliti dapat diketahui guru belum memanfaatkan dengan baik aktivitas penggunaan teknologi untuk meningkatkan kemampuan untuk pembelajarang pengembangan untuk perkembangan anak.

 

One of the great teacher roles in learning is the ability of teachers to design learning. The teacher must have the ability to know and to use ICT. Advanced teachers are teachers who can make ICTs to prepare for learning or to use it in the learning process. Early Childhood Education teachers prepare the development so that it can develop properly. There are the development of cognitive, language, motor, religious and moral values, and social. The children's development is colaborated in development learning for each of their development. Teacher and supporter activities using technology such as using multimedia, wifi, using Android, having social media do not have a relationship with learning development by the teacher. The activities of using search engine which has a relationship with learning floating by the teacher. Based on the result, the researchers concluded that teachers are not good at using technology in  improving the ability of children's development.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alang, H. S. (2014) ‘Guru Yang Profesional Memiliki Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual’, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Al-Irsyad Al-Nafs, 1(1), pp. 53–63. Available at: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/viewFile/2553/2393.

Chaidar, H. (2014) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Penabur, 2(2), pp. 184–192. Available at: http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel %26 Jurnal/Inovasi Dalam Pendidikan/Teknologi Komunikasi.pdf.

Chalim, S. and Anwas, E. O. M. (2018) ‘Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran’, Jurnal Penyuluhan, 14(1), pp. 33–42. doi: 10.25015/penyuluhan.v14i1.19558.

Chodzirin, M. (2016) ‘Pemanfaatan Infomation and Communication Technology Bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban’, Dimas, 16(2), pp. 309–332. Available at: http://journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/download/1095/pdf.

Darimi, I. (2017) ‘Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif’, Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), pp. 111–121. Available at: https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cyberspace/article/view/2030.

Destiana (2019) ‘Pengaruh teknologi informasi berbasis android (Smartphone) dalam pendidikan industry 4.0’, in Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang, pp. 190–197.

Etnanta, Y. C. and Irhandayaningsih, A. (2017) ‘Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Semarang’, Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), pp. 371–380. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095.

Fadhli, M. and Fadillah, M. (2017) ‘Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Blog Sebagai Sarana Publikasi Bustanul Athfal Kabupaten Ponorogo’, Jurnal Adimas, 1(2), pp. 18–24. Available at: http://journal.umpo.ac.id/index.php/adimas/article/view/611.

Febrialismanto (2017a) ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru PG Paud Kabupaten Kampar Provinsi Riau’, Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), pp. 121–136. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17700/10164.

Febrialismanto (2017b) ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru PG Paud Kabupaten Siak Provinsi Riau’, urnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini, 4(2), pp. 103–114. Available at: https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3573/2632.

Gideon, S. (2018) ‘Peran Media Bimbingan Belajar Online “Ruangguru” Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SMP dan SMA Masa Kini: Sebuah Pengantar’, Jurnal JDP, 11, pp. 167–182.

Halim A., Y. (2014) ‘Universitas Airlangga Surabaya’, Jurnal unair, 5(1), pp. 139–155. Available at: http://journal.unair.ac.id/downloadfull/PALIM7477-33b38063a7fullabstract.pdf.

Hanim, F., Sumarmi, S. and Amirudin, A. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi’, Jurnal Pendidikan, 1(4), pp. 752–757. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6246/2669.

Indonesia, P. M. P. dan K. R. (2014) Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Irnin Agustina Dwi Astuti, Dasno, R. A. S. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), pp. 695–701. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.

Ismanto, E., Novalia, M. and Herlandy, P. B. (2017) ‘Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2’, JURNAL Untuk Mu negeRI, 1(1), pp. 42–47. Available at: http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/download/33/14/.

Jamun, Y. M. (2018) ‘Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), pp. 48–52. Available at: https://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/160/121.

Juwita, E. P., Budimansyah, D. and Nurbayani, S. (2015) ‘Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa’, Sosietas, 5(1). doi: 10.17509/sosietas.v5i1.1513.

Kuswanto, J. and Radiansah, F. (2018) ‘Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI’, Jurnal Media Infotama, 14(01), pp. 15–20. doi: 10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.

Maryani (2015) ‘Media Sosial Dalam Dunia Pendidikan’, An Naddhah, 9(2), pp. 1–31. Available at: https://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/20.

Maskur (2014) ‘KEDEKATAN KATA MENGGUNAKAN ONTOLOGI Search Results Relevance of Search Engine Based On Using Word Proximity Ontology Perkembangan internet meningkat dengan sangat cepat . Bahkan internet sudah bagi beberapa kalangan . Hal ini karena penyebaran informasi d’, Jurnal Gamma, 10(1), pp. 123–129. Available at: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/gamma/article/download/2492/2697.

Mayasari, S. (2015) ‘Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Metafora, 1(2), pp. 104–198. Available at: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/280/277.

Muhammad, M., Rahadian, D. and Safitri, E. R. (2017) ‘Penggunaan Digital Book Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Arab’, Pedagogia, 15(2), pp. 170–182. doi: 10.17509/pedagogia.v15i2.8094.

Nur, L. (2018) ‘Gambaran Penggunaan Internet Dalam Mencari Informasi Kesehatan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) X’, Jurnal PROMKES, 6(2), pp. 188–200. doi: 10.20473/jpk.v6.i2.2018.188-200.

Oka, I. (2018) ‘Jurnal audi’, Analisis Peran Ibu Bekerja Dalam Perkembangan Bicara Anak Usia Tk B, 3(2), pp. 101–107.

Putra, D. A. E. (2017) ‘SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Deskriptif Tentang Penggunaan’, pp. 1–11.

Rahman, U. (2009) ‘Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), pp. 46–57. doi: 10.24252/lp.2009v12n1a4.

Ramdhan Witarsa, Rina Sri Mulyani Hadi, Nurhananik, N. R. H. (2018) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar’, Pedagogik, 6(1), pp. 9–20.

Ramli, M. (2013) ‘Aplikasi Teknologi Multimedia Dalam Pendidikan’, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 11(19), pp. 55–65. Available at: http://idr.uin-antasari.ac.id/4622/1/M Ramli_Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Pendidikan.pdf.

Rifdan (2018) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media TIK Melalui Kegiatan Workshop di SMPN 2 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan SIngingi’, JUrnal Pajar, 2(5), pp. 827–835. Available at: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/6134.

Rusi Restiyani, Nengsi Juanengsih, Y. H. (2013) ‘Profil Pemanfaattan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Salamun, Rahmalina, W. and Jusman, Y. (2017) ‘Power Serch Dalam Menggunakan Serch Engine’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 65–71.

Satria, K. (2016) ‘“ Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik ”’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), pp. 37–43. Available at: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/download/437/345/.

Satrianawati (2017) ‘p-ISSN 2406-8012 e-ISSN: 2503-3530 DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR’, 4(1), pp. 54–61.

Setiyani, R. (2010) ‘Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar’, Dinamika Pendidikan, 5(2), pp. 117–133. doi: 10.15294/dp.v5i2.4921.

Sofwan Nugraha, M. and Supriadi dan Saepul Anwar, U. (2014) ‘PEMBELAJRAN PAI BERBASIS MEDIA DIGITAL (Studi Deskriptip terhadap Pembelajaran PAI di SMA Alfa Centauri Bandung)’, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 12(1), pp. 55–67.

Sukono (2018) ‘Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru’, in. Yogyakarta: Seminar Nasional IKA UNY, pp. 59–64.

Sulidar, F. (2017) ‘Dampak Positif Dan Negatif’, NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), pp. 118–123. Available at: http://umtas.ac.id/journal/index.php/naturalistic/article/view/5.

Suryono, B. et al. (2015) ‘Teknologi informasi’, 4(1), pp. 59–62. Available at: http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/download/9042/4064.

Published
2020-04-13
How to Cite
febrialismanto, febrialismanto, & Nur, H. (2020). Hubungan Aktivitas Penggunaan Teknologi Untuk Pembelajaran Pengembangan Oleh Guru PAUD. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 28-39. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3886
Abstract viewed = 2503 times
PDF downloaded = 0 times