Pola Asuh Suku Sasak Terhadap Kemampuan Bilingual Anak Usia 5 – 6 Tahun

  • Elsy Gusmayanti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Yanti Fauziah Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Parenting, Bilingual, Early Childhood, anak usia dini

Abstract

Salah satu potensi yang dapat dipersiapkan untuk anak usia dini oleh keluarga melalui pola asuh adalah kemampuan berbahasa. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kemampuan bahasa bilingual anak usia dini di Dusun Sade. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiasi. Penelitian ini menghasilkan fakta bahwa pola asuh yang diterapkan para orang tua di Dusun Sade untuk anak usia dini masih tergolong belum optimal, karena umumnya tergolong cukup baik (rata-rata skor 2,88). Penilaian secara individual masih banyak yang mendapatkan penilaian tidak baik (30,00%). Hal ini memberikan indikasi bahwa pola asuh yang diterapkan tidak menyenangkan bagi anak, sehingga diekuivalenkan dengan pola asuh otoriter. Para orang tua menerapkan pola asuh berdasarkan pengalaman yang diberikan oleh para orang tuanya. Berdasarkan proses analisis regresi, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa bilingual anak usia dini di Dusun Sade. Tingkat pengaruh yang diberikan tergolong tinggi, sebesar 77,70%.

One potential that can be prepared for early childhood by families through parenting is language skills. The purpose of this research is to find out whether or not there is an influence of parenting parents on the development of early language bilingual language skills in Sade Village. The type of research used is associations research. This research results in the fact that parenting applied by parents in Sade Village for young children is still not optimal, because generally it is quite good (average score of 2.88). Many individual assessments still get bad ratings (30.00%). This gives an indication that the parenting that is applied is not pleasing to the child, so it is equivalent to an authoritarian parenting. Parents apply parenting based on the experience provided by their parents. Based on the regression analysis process, it was found that there was a positive and significant influence of parenting parents on the development of bilingual language in early childhood in Sade Hamlet. The level of influence exerted is relatively high, amounting to 77.70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, I.,.2008. Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Tadris. Vol.3.No.. hal.106-119.

Ah-Young (Alicia) Kim, Anne Park & Barbara Lust (2016): Simultaneous vs. successive bilingualism among preschool-aged children: a study of four-year-old Korean–English bilinguals in the USA, International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, DOI: 10.1080/13670050.2016.1145186

Ambarini, R., 2019. Pembelajaran Bilingual English for Health Berbasis Bahasa Ibu Bagi Guru PAUD Kota Semarang. JDC. Vol.3.No.2. hal.111-132.

Astuti, R., 2017. Penerapan Pembelajaran Bilingual di TK Inklusi. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.3.No.2. hal.109-123.

Dariyo, A., 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Jakarta: PT Refika Aditama.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ismaniar dan Vevi Sunarti. 2018. Buku Ajar Pelatihan Parenting. Padang, Sumatra Barat : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Muryanti, dkk., 2013. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Kemampuan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan. Vol.3. hal.172-174.

Pastika, I.W., 2013. Pendekatan Kedwibahasaan Sejak Anak Usia Dini: Bahasa Daerah dan Bahasa Indonesia. Kongres Bahasa X. Jakarta.

Pransiska, R., 2018. Kajian Program Bilingual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. EDUKASI Jurnal Pendidikan. Vol.10.No.2. hal.167-178.

Salikin, H., 2015. Pengantar Kajian Bahasa Sosioliguistik. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.

Suryana, Dadan dan Nenny. (2014). Dasar-dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Tanja Rinker, Nora Budde-Spengler & Steffi Sachse (2016): The relationship between first language (L1) and second language (L2) lexical development in young TurkishGerman children, International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, DOI: 10.1080/13670050.2016.117926

___________Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Thoha, C. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar (IKAPI).

Tomton, M.A., 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal CARE. Vol.4.No.2. hal.41-52.

Wahyudin, A., 2012. Bilingualisme:Konsep Dan Pengaruhnya Terhadap Individu. Seminar Internasional PIBSI XXXIV. Universitas Jenderal Soedirman. Poerwokerto.

Published
2020-09-30
How to Cite
Gusmayanti, E., & Puji Yanti Fauziah. (2020). Pola Asuh Suku Sasak Terhadap Kemampuan Bilingual Anak Usia 5 – 6 Tahun . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 62-73. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/4420
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 52 times