Permainan Warna Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Cotten Swabs Painting teknik Pointilis

Permainan Warna Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Cotten Swabs Painting teknik Pointilis

  • Devi Vionitta Hedi Wibowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Permainan Warna , Kreativitas, Anak Usia Dini, Cotten Swabs Painting, teknik Pointilis, Art Creativity, Color, Watercolor Games,, Art Creativity, Color, Watercolor Games, Early Childhood, Pandemic

Abstract

 Pandemi covid 19 yang melanda dunia menjadi pokok permasalahan timbulnya pembelajaran daring yang diadakan didalam rumah. Dalam situasi ini anak-anak dapat merasakan kejenuhan dikarenakan faktor pembelajaran yang kurang kreatif dalam pengimplementasiannya. Kegiatan kreativitas seni warna anak usia dini ini dapat menjadi solusinya. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengembangkan aspek kreativitas anak usia dini di era pandemi covid 19 ini. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripstif yang menganalisis persistiwa dari suatu tindakan yang dilakukan. Sampel yang digunakan dalam pengimplementasian kreativitas seni warna ini dapat berupa anak usia 3-5 tahun yang berada disekitar kompleks perumahan Sumber Mukti Indah Rembang.  Adapun orangtua anak dapat dijadikan acuan dalam proses kegiatan kreativitas seni warna. Hasil penelitian yang didapat adalah adanya antusias anak dalam melakukan aktivitas kreativitas seni warna dengan menggunakan cat air. Anak merasa senang dan dapat menghasilkan hasil karya yang estetik. Adapun kegiatan yang diterapkan yaitu melukis menggunakan cotten bad, fingger painting, serta bercerita dengan menggunakan hasil karya masing-masing. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah agar dapat menumbuhkan jiwa kreativitas seni anak, emosional, bahasa, dan motorik anak.

 

 

Abstract

 The Covid 19 that has hit the world has become the main problem of the emergence of online learning held at home. In this situation children can feel boredom due to less creative learning factors in its implementation. This early childhood color art creativity activity can be a solution. The purpose of this research is to develop the creative aspects of early childhood in the era of the Covid 19 pandemic. The method used is descriptive qualitative research that analyzes the events of an action taken. The sample used in the implementation of color art creativity can be in the form of 3-5 year old children around the Sumber Mukti Indah Rembang housing complex. The child's parents can be used as a reference in the process of color art creativity activities. The results obtained were the children's enthusiasm in doing color art creativity activities using watercolors. Children feel happy and can produce aesthetic works. The activities implemented were painting using cotten bad, fingger painting, and telling stories using their respective works. The purpose of this activity is to foster children's artistic creativity, emotional, language and motor skills.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Nugraha. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. JILSI Foundation.

Anhusadar, L. O., Tarbiyah, F., & Iain, K. (2016). Jurnal Al-Ta’dib. 9(1), 76–93.

Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni. https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950

Baubau, B. K. (2019). Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai dengan cat air di tk tunas bahari kelurahan bone-bone kota baubau. 26.

Cooper, F. G. (1929). Munsell Manual of Color (pp. 1–33).

Harsini. (2006). Kerajinan Tangan dan Kesenian Sekolah dasar kelas I. Widya Utama.

Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

James C. Kaufman. (2006). Creativity and Reason in Cognitive Development. Cambridge Univercity Press.

Keluarga, P., Tua, O., Sekolah, D. A. N., & Holis, A. (2009). Peranan keluarga/ orang tua dan sekolah dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. 22–43.

Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh Kegiatan Painting dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.092

Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52

Maimunah Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.

Moririson. (n.d.). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Penerjemah; Suci Romadhona dan Apri Widistuti. PT Indeks.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Prenada Media Group.

Noorlaili. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Pinus Book Publisher.

Pamadhi, H. (2014). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. 1–56. http://repository.ut.ac.id/4712/1/PAUD4403-M1.pdf

R. Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.

Sit, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik. Perdana Publishing.

Tri Aru Wiratno. (2018). Seni Lukis Konsep dan Metode. Jakad Pubshing.

Wijaya, H. (2010). Titik sebagai Dasar Penciptaan Karya Seni. Humaniora, 1(2), 253. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2867

Yuliani. (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Published
2020-09-30
How to Cite
Hedi Wibowo, D. V., & Suyadi. (2020). Permainan Warna Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Cotten Swabs Painting teknik Pointilis: Permainan Warna Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Cotten Swabs Painting teknik Pointilis. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 74-86. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4481
Abstract viewed = 147 times
PDF downloaded = 304 times