Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak

  • noor baiti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Kalimantan Selatan
Keywords: Pola Asuh, Komunikasi, Perkembangan Bahasa, Parenting Pattern, Parent's Communication, Language

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak antara lain pola asuh dan komunikasi orang tua terutama ibu yang membimbing, mengasuh, melatih dan memberikan contoh bahasa kepada anaknya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dan komunikasi orang tua terhadap kemampuan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak Anjir Muara Distrik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 300 anak dan sampel 173 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan komunikasi orang tua dengan signifikansi 0,00; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bahasa anak dengan signifikansi 0,00; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi orang tua dengan kemampuan bahasa anak dengan signifikansi 0,00; (4) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dan komunikasi orang tua terhadap kemampuan bahasa anak usia dini dengan signifikansi 0,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslamiah, & Rizalie, A. M. (2017). No TitleKajian Tentang Kepedulian Orang Tua Terhadap Proses Pendidikan Di Sekolah Dasar (Kajian Komparasi Pada Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Swasta Di Kota Banjarbaru. Jurnal Paradigma, 10(1), 8.

Jayanti, Y. D., & Wati, L. A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah Usia 4-5 Tahun (di TK An Nidhom Desa Bangsongan Kabupaten Kediri). Jurnal Kebidanan Dharma Husada, Volume 6, No.1 , 7. https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i1.55

Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun). Jurnal Paud Tambusai Volume 1 Nomor 1, 6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.54

Kemendikbud. (2013). Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta: kemendikbud Direktorat Jenderal PAUD.

Metroyadi, & Mardhiah, A. (2018). Efforts to Develop Children Fine Motor Skills Through Sticking Picture Properly By Using Combination of Explicit Instruction Model And Assignment Media Utilizing Natural Materials. J-K6em, 1, 22.

Poernamawijaya, L. W., Sulaiman, Suriansyah, A., & Dalle, J. (2018). Contribution On Supervision Of Supervisor, Principals Motivation, Kindergarten Teacher Performance To Improving The Kindergarten Quality In West Banjarmasin, Indonesia. European Jurnal of Alternative Education Studies, 3, 142.

Purwanti, R., Aslamiah, Suriansyah, A., & Dalle, J. (2018). Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah. European Jurnal of Education Studies, 5, 27.

Safitri, M. E., Ahmad, K. I., & Saleh, M. (2018). Development Of Child Independence Through Model Picture and Picture, Examples Non Examples Model and Practical Method Directly Activities of Learning Practical Life In Group B Kasih Ibu Kindergarten, Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(7), 64–80.

Salasiah, Asniwati, & Effendi, R. (2018). Instilling Character Values In Early Childhood In the Perspective of Curriculum and Parenting (Multi-Site Study in PAUD Islam Sabilal Muhtadin and PAUD Mawaddah, Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(7), 36–48.

Suhaimi, D., & Rinawati, Y. (2018). The Management of Character Education Curriculum at Vocational High School 2 Kandangan. 274(3), 272–277. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.59

Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi (3rd ed.). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi.

Suriansyah, A. (2014). The Relationship Between School Culture, Communication, And Commitment And The State Elementary School Teachers’ Performance. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 1–10.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). The Leadersip Strategies of School, Principals, Teachers, Parents, and The Communities In Building The Students Character. Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234–247.

Tomtom, M. A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Care Advisory Research And Education Program Studi Pendidikan Guru PAUD, 10

Wiyani, N. A. (2015). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zaini, A., Saleh, M., & Noorhafizah. (2018). Strategy For The Development Of Religious Worship And Religious Tolerance At Widya Dharma Paud In Banjarmasin City, Indonesia. European Journal of Alternative Education Studies, 3(2), 90.

Published
2020-09-30
How to Cite
noor baiti. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 42-50. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4959
Abstract viewed = 297 times
PDF downloaded = 308 times