PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA BERGAMBAR KELOMPOK A1 TK BINA KASIH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan kartu angka bergambar pada anak kelompok A1 TK Bina Kasih Batubelah Kec. Kampar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 usia 4-5 tahun TK Bina Kasih yang berjumlah 16 orang anak, 10 anak laki-laki 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 adalah 25%. Pada Siklus I meningkat menjadi 50% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A1 TK Bina Kasih Batubelah.
Downloads
References
Hasan, M. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Joni, (2015). No Title. Upaya Meningkatkan Pemahamann Konsep Mengelompokan Benda Menurut Bentuk Jenis Ukuran Dan Warna Melalui Penerapan Strategi Bermain Dalam Pengembangan Koginitif Siswa Kelompok A TK Melati Indah, 26–36.
Komariah, R. N. dan. (2016). Perkembangan Kognitif dalam Mengenal Bilangan dan Lambang Bilangan melalui Permainan Matematika. Antologi UPI, (Juni), 1–15.
Lestari, D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada Anak Kelompok A di TK ABA Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Skripsi, (April), 156.
Lestari, R. P. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Penggunaan Media Kartu Angka dan Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A2 TK Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta, (Maret), 108.
Misyati, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok A1 TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi, (November), 162.
Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurmalina, (2016). Jurnal paud tambusai. Hubungan Penerapan Bahasa Indonesia Dengan Pengembangan Kepribadian Peserta Didik PAUD Kualu Ceria, 2, 73–78.
Nursalim. (2012). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan 1-10. Jurnal Ilmiah PG-PAUD FIP, UNESA SURABAYA, 9.
Pebrina, P. H. (2017). Jurnal obsesi. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini, 1, 1–11.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadiman, A. S. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Suharsimi Arikunto, S. dan S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
Suwandi, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suwarni. (2001). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Wihardit, W. dan K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (Kesebelas). Jakarta: Universitas Terbuka.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.