PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-63 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang memanfaatkan penggunaan media bahan alam dalam proses pembelajaran. Hal itu disebabkan karena guru lebih memilih menggunakan media yang instan seperti majalah, gambar, kertas, dan media yang dapat dibeli di pasaran. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanakKartika 1-63 Kota Padang.Informan/responden dalam penelitian ini adalah guru di Taman Kanak- kanak Kartika 1-63 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya oleh guru. Pelaksanaan penggunaan media bahan alam dan metode sudah bervariasi dan menarik bagi anak. Penggunaan media bahan alam yang digunakan guru yaitu daun, ranting, bambu, air, batu dan tanah. Evaluasi dilakukan guru sudah sesuai dengan perencanaan yang dilakukan.
Downloads
References
Akbar, Reni dan Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bangin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas
Desra, Revika. 2013. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Ditaman Kanak- Kanak Pembina Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Padang: FIP UNP
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasanah, N., Zudeta, E., Ustafiano, B., & Wahyuni, S. (n.d.). Resiliensi Orang Tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.
Hasanah, N., Zudeta, E., Ustafiano, B., & Wahyuni, S. (2023). Resiliensi Orang Tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus, 1(01), 8–14.
Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 34. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906
Meta Silfia Novembli, Nisaul Hasanah, & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru Smkn 1 Bangkinang. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.12981
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada media group
Sugiyono.2012.Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2009. Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan. Jogjakarta: Power Books
Sudono, Anggani. 2001. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk PAUD. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Sutrisno dan Harjono, Hary Soedarto. 2005. Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.