PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-63 PADANG

  • Vanni Miza Oktari
Keywords: Penerapan Media Audio Visual, Perkembangan Moral

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang memanfaatkan penggunaan media bahan alam dalam proses pembelajaran. Hal itu disebabkan karena guru lebih memilih menggunakan media yang instan seperti majalah, gambar, kertas, dan media yang dapat dibeli di pasaran. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanakKartika 1-63 Kota Padang.Informan/responden dalam penelitian ini adalah guru di Taman Kanak- kanak Kartika 1-63 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya  dan apa  adanya.  Analisis data  dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya oleh guru. Pelaksanaan penggunaan media bahan alam dan metode sudah bervariasi dan menarik bagi anak. Penggunaan media bahan alam yang digunakan guru yaitu daun, ranting, bambu, air, batu dan tanah. Evaluasi dilakukan guru sudah sesuai dengan perencanaan yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Reni dan Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bangin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas
Desra, Revika. 2013. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Ditaman Kanak- Kanak Pembina Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Padang: FIP UNP
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada media group
Sugiyono.2012.Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2009. Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan. Jogjakarta: Power Books
Sudono, Anggani. 2001. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk PAUD. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Sutrisno dan Harjono, Hary Soedarto. 2005. Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Published
2018-02-27
How to Cite
Oktari, V. M. (2018). PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-63 PADANG. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-57. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.503
Section
Articles