PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-63 PADANG

  • Vanni Miza Oktari
Keywords: Penerapan Media Audio Visual, Perkembangan Moral

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang memanfaatkan penggunaan media bahan alam dalam proses pembelajaran. Hal itu disebabkan karena guru lebih memilih menggunakan media yang instan seperti majalah, gambar, kertas, dan media yang dapat dibeli di pasaran. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanakKartika 1-63 Kota Padang.Informan/responden dalam penelitian ini adalah guru di Taman Kanak- kanak Kartika 1-63 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya  dan apa  adanya.  Analisis data  dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya oleh guru. Pelaksanaan penggunaan media bahan alam dan metode sudah bervariasi dan menarik bagi anak. Penggunaan media bahan alam yang digunakan guru yaitu daun, ranting, bambu, air, batu dan tanah. Evaluasi dilakukan guru sudah sesuai dengan perencanaan yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Reni dan Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bangin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas

Desra, Revika. 2013. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Ditaman Kanak- Kanak Pembina Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Padang: FIP UNP

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasanah, N., Zudeta, E., Ustafiano, B., & Wahyuni, S. (n.d.). Resiliensi Orang Tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.

Hasanah, N., Zudeta, E., Ustafiano, B., & Wahyuni, S. (2023). Resiliensi Orang Tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus, 1(01), 8–14.

Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 34. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906

Meta Silfia Novembli, Nisaul Hasanah, & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru Smkn 1 Bangkinang. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.12981

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada media group

Sugiyono.2012.Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta

Suyadi. 2009. Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan. Jogjakarta: Power Books

Sudono, Anggani. 2001. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk PAUD. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Sutrisno dan Harjono, Hary Soedarto. 2005. Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Published
2018-02-27
How to Cite
Oktari, V. M. (2018). PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-63 PADANG. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-57. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.503
Abstract viewed = 5139 times
Vanni pdf. downloaded = 0 times