Implementasi Kegiatan Menggambar Bebas untuk Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Pada Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Tujuan penelitian dari implementasi kegiatan menggambar bebas adalah menumbuhkan kemampuan perkembangan seni siswa kelompok B pada Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus dengan melibatkan 15 orang anak. Siklus pada penelitian ini berupa perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelumnya, peneliti melakukan penelitian pratindakan untuk mengetahui kemampuan awal perkembangan seni anak pada aktivitas menggambar bebas. pada riset ini, dipaparkan bahwa perkembangan seni siswa kelompok B sangat meningkat, dengan ini hasilnya dapat dilihat dari nlai akhir penelitian pada siklusI dan siklusII. Diperoleh data pada siklusI terdapat 8 orang anak (53,33% ) dapat menggambar bebas dengan baik, dan 7 orang anak (46,67%) belum bias menggambar bebas dengan baik. Pada siklus II diperoleh data 13 orang anak (86,67%) dapat menggambar bebas dengan baik dan 2 orang anak (13,33%) belum bisa menggambar dengan baik.
Downloads
References
[2] Burhan, Bungin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
[3] Dedi, Dwitagama & Wijaya, Kusumah. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
[4] Deporter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2003. Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). Bandung: Kaifa.
[5] Dewanti, Attila & Tobing, Lely. 2007. Brain Gym, Optimalkan Perkembangan Otak. Jakarta: Klinik Neurologi Anak RSAB Harapan Kita.
[6] Mulyadi. 2012. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Bandung: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
[7] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
[8] Rolina, Nelva. 2010. Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. Artikel yang disampaikan pada TOT P4TK-SB, Tidak Diterbitkan.
[9] Setiawan, Fabiola P. 2010. Anak Cerdas dan Berkarakter Berkat Seni. lifestyle.okezone.com.
[10] Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
[11] Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Diektorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
[12] Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Diektorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
[13] Sofia, Haritati. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Diektorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
[14] Utami, Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
[15] Utami, Munandar. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
[16] Wina, Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Group.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.