Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini

  • Aisyah Izza Hamida Akemad Wahyudi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirun Nisak Aulina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Media Tangram, Bentuk Geometri, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan mengenal bentuk geometri sangat diperlukan bagi anak usia dini sebagai dasar kemampuan dalam mengenal bentuk - bentuk geometri, mengklasifikasikan bentuk, membedakan ukuran, berpikir rasional dan dapat mengetahui konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif pre – eksperimen jenis one – group pretest posstest design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sedati dengan teknik random sampling yang berjumlah 25 anak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil tes yang dilakukan secara observasi kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji T Dependen. Hasil penelitian thitung adalah 22,8 dan ttabel adalah 2,063, sehingga thitung > ttabel. Dengan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun. Dan media tangram termasuk dalam pengaruh kategori tinggi terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sedati dengan menggunakan rumus N Gain dengan hasil 8,125.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, J. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 1(2). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/206

Bohning, G., & Althouse, J. K. (1997). Using tangrams to teach geometry to young children. Https://Link.Springer.Com/Article/10.1007/BF02354839, 24, 239–242. https://doi.org/10.1007/BF02354839

Elan, E., L, D. A. M., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168

Gejard, G., & Melander, H. (2018). Mathematizing in preschool: children’s participation in geometrical discourse. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 495–511. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1487143

Hapsari, M. N., Ilhami, B. S., & Agustina, Y. (2019). Dekak-Dekak Geometri, Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, 3(1). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1433

Jumiatin, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (Ctl) Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1). https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p73-81.93

Karim, A. (2009). Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka.

Korkmaz, H. I., & Şahin, Ö. (2019). Preservice Preschool Teachers’ Pedagogical Content Knowledge on Geometric Shapes in Terms of Children’s Mistakes. Journal of Research in Childhood Education, 385–405. https://doi.org/10.1080/02568543.2019.1701150

Kurnia, R. (2020). Efektifitas Media Dadu Putar Untuk Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. PAUD Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(4). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4644

Maulida, S. (2019). Kemampuan Konsep Bilangan dan Bercerita pada Anak Kelompok A Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di TK Baitul Ilmi Panjang Jiwo Surabaya. Journal of Children Education, 3(2). https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.89

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), 2 (2003).

Mufti, N. N., Pranata, O. H., & Muharram, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 5(2). https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3566

Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014. (n.d.). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republikn Indonesia.

Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517

Siew, N. M., Chong, C. L., & Abdullah, M. R. (2013). Facilitating Students’ Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Sciences, 9(3), 101–111. https://doi.org/10.3844/jsssp.2013.101.111

Sriningsih, N. (n.d.). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metode Pengembangan Kognitif.

Sukremi, K., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan Metode Drill berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 di TK Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1136

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogia.

Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.

Published
2021-04-01
How to Cite
Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8-16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6216
Abstract viewed = 2137 times
Pdf downloaded = 0 times