Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan mengenal bentuk geometri sangat diperlukan bagi anak usia dini sebagai dasar kemampuan dalam mengenal bentuk - bentuk geometri, mengklasifikasikan bentuk, membedakan ukuran, berpikir rasional dan dapat mengetahui konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif pre – eksperimen jenis one – group pretest posstest design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sedati dengan teknik random sampling yang berjumlah 25 anak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil tes yang dilakukan secara observasi kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji T Dependen. Hasil penelitian thitung adalah 22,8 dan ttabel adalah 2,063, sehingga thitung > ttabel. Dengan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun. Dan media tangram termasuk dalam pengaruh kategori tinggi terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sedati dengan menggunakan rumus N Gain dengan hasil 8,125.
Downloads
References
Atmaja, J. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 1(2). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/206
Bohning, G., & Althouse, J. K. (1997). Using tangrams to teach geometry to young children. Https://Link.Springer.Com/Article/10.1007/BF02354839, 24, 239–242. https://doi.org/10.1007/BF02354839
Elan, E., L, D. A. M., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168
Gejard, G., & Melander, H. (2018). Mathematizing in preschool: children’s participation in geometrical discourse. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 495–511. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1487143
Hapsari, M. N., Ilhami, B. S., & Agustina, Y. (2019). Dekak-Dekak Geometri, Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, 3(1). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1433
Jumiatin, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (Ctl) Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1). https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p73-81.93
Karim, A. (2009). Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka.
Korkmaz, H. I., & Şahin, Ö. (2019). Preservice Preschool Teachers’ Pedagogical Content Knowledge on Geometric Shapes in Terms of Children’s Mistakes. Journal of Research in Childhood Education, 385–405. https://doi.org/10.1080/02568543.2019.1701150
Kurnia, R. (2020). Efektifitas Media Dadu Putar Untuk Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. PAUD Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(4). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4644
Maulida, S. (2019). Kemampuan Konsep Bilangan dan Bercerita pada Anak Kelompok A Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di TK Baitul Ilmi Panjang Jiwo Surabaya. Journal of Children Education, 3(2). https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.89
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), 2 (2003).
Mufti, N. N., Pranata, O. H., & Muharram, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 5(2). https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3566
Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014. (n.d.). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republikn Indonesia.
Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517
Siew, N. M., Chong, C. L., & Abdullah, M. R. (2013). Facilitating Students’ Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Sciences, 9(3), 101–111. https://doi.org/10.3844/jsssp.2013.101.111
Sriningsih, N. (n.d.). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metode Pengembangan Kognitif.
Sukremi, K., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan Metode Drill berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 di TK Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1136
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogia.
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.