Permainan Tebak Gambar dalam Menstimulasi Karakter Percaya Diri Anak Usia Dini

  • Yulida Izatusholihah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Elan Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
Keywords: Kartu Tebak Gambar; Percaya Diri; Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya permainan yang dapat menstimulus rasa percaya diri anak. Adapun tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi permasalahan di sekolah tentang kurangnya permainan yaitu permainan tebak gambar yang dapat menstimulus rasa percaya diri pada anak.  Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendakatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Amin dengan subejek dari  penelitian ini yakni kanak-kanak kelompok A yang berusia kurang lebih 5 tahun dan guru Kelompok A. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peniliti yakni pengamatan (observasi) yang dilakukan pada anak kelompok A saat kegiatan berlangsung dan wawancara pada guru serta mereduksi data. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni teknik pengambilan sampel dengan kriteria yang tertentu, sampel yang diambil yaitu Kelompok A dengan jumlah 10 anak dan 1 guru kelompok A. Sedangkan untuk analisis data yang dilakukan yaitu data deskriptif dalam bentuk deskripsi. Bahwa hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa masih ada anak-anak yang kurang percaya diri pada saat melakukan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung dan kurangnya permainan yang dilakukan di TK tersebut yang dapat menumbuhkan karakter percaya diri anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antini, N. K. A,. Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 143. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18884

Adhar, In’am, A., & Hartiningsih, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Di RA Al Mashitoh Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 6, 232–242.

Anggraeni, P. U. D., Sedeng, I. N., & Putra, A. A. P (2019). Media Kartu Bergambar Sebagai Media Pengajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Kelompok Belajar B Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bali Kiddy. Litera Jurnal Bahasa dan Liteta, 5(2), 26–33.

Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864

Budianti, Y., Rangkuti, I. P., & Nasution, F. (2020). Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial di RA Al Musthafawiyah Kecamatan Medan Tembung. 8(1), 34–43.

Budiarti, S. N. I. (2020). Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 4(2), 285. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.217

Dian sano, A. V. (2018). Perancangan Game Edukasi Tebak Gambar Berbasis Android Untuk Anak-Anak Usia Tk. Infotech: Journal of Technology Information, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.37365/it.v4i1.6

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 90–99. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.13

Fransisca, R., Wulan, S,. Supena, A (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi . Journal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630-638. DOI:10.314004/obsesi.v4i2.405

Hulukati, W. (2016). Pengembangan Diri Siswa SMA. 4–6.

Ma, A., Suryana, Y., & Muslihin, H. Y. (2018). Hubungan Sikap Berani dengan Kepercayaan Diri pada Kegiatan Senam Irama. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 287–296.

Md. Ayu Sintya Dewi, I Wyn. Darsana, I. B. S. A. (2015). Penerapan Metode Tebak Kata Berbantuan Media Kartu Bahasa Lisan Anak Kelompok a. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Mamik.(2015). Metodelogi Kualitatif. Sidoarjo: Zafatama

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Prawistri, A. R. H. (2013). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Aktif di TK Pembina Kecematan Bantul. In Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rofiah, Siti, Anisa Setyowati, R. I. I. (2018). Media gambar flashcard dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, I(2), 78–92. http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/19

Sari, N., & Fauziddin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan KArtu Angka Bergambar Kelompok A1 TK Bina Kasih. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.6009/jjrt.KJ00003534360

Sarwono, J. (2005).Metode Penelitian Kauntitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujiono, Y. N. (2013) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Sukiman. (2017). Membantu Anak Percaya Diri. Seri Pendidikan Orang Tua : Membantu Anak Percaya Diri, 2–24.

Syahrum & Salim. (2014).Metedologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Wahyuni, S., & Nasution, R. N. B. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida Sri. Raudhah, 5(2), 1–19.

Published
2021-09-30
How to Cite
Izatusholihah, Y., Elan, & Muslihin, H. Y. (2021). Permainan Tebak Gambar dalam Menstimulasi Karakter Percaya Diri Anak Usia Dini . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 71-80. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.6606
Abstract viewed = 2210 times
Pdf downloaded = 0 times