Resiliensi Anak Penyandang Disabilitas
Abstract
Anak-anak penyandang disabilitas menghadapi berbagai bentuk hal negatif seperti pengucilan yang dialami dari keluarga mereka sendiri. Fenomena ini terjadi lantaran orangtua dari anak-anak penyandang disabilitas tidak mampu menerima kondisi anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menderskripsikan resiliensi anak penyandang disabilitas di Kabupaten Kuantan Singingi. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak-anak penyandang disabilitas yang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Dengan total sampel sebanyak 15 anak penyandang disabilitas. Data diolah menggunakan rumus persentase dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa resiliensi anak penyandang disabilitas tergolong pada kategori Sedang yaitu 52.5%.
Downloads
References
Afandi, M. (2016). Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas Dalam Mengakses Pendidikan Tinggi. 16(April 2012), 153–166.
Aisyah, L., & Maftuhin, A. (n.d.). DALAM STUDI DISABILITAS DI INDONESIA. 3, 71–86.
Akhmad, S. (2015). Islam dan Pendang Disabilitas:Telaah Hak Aksesibilitas Penyadang Disabilitas dalam Sistem Pendidikan di Indonesia”. Palastren, 8(2), 301.
Arteaga, J. M., Carlos, M. L. A., Mendoza, J. E. G., & Reyes, H. C. (2021). Digital Ecosystem Model for the Initial Education of Children with Psychomotor Deficit. 2021 4th International Conference on Inclusive Technology and Education (CONTIE), 109–115. https://doi.org/10.1109/CONTIE54684.2021.00027
Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. In Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (Vol. 10, Issue 1).
Isgett, C., & Wang, S. (2021). Challenges Regarding Assistive Technology in Special Education. 2021 Tenth International Conference of Educational Innovation through Technology (EITT), 293–298. https://doi.org/10.1109/EITT53287.2021.00064
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Murphy, H. J. (1996). Programs of the Center on Disabilities at California State University, Northridge. Proceedings 13th TRON Project International Symposium /TEPS ’96, 118–120. https://doi.org/10.1109/TRON.1996.566200
Nursyamsi, F., Arifianti, E. D., Aziz, M. F., Bilqish, P., & Marutama, A. (2015). Kerangka Hukum Disabilitas di Indonesia: Menuju Indonesia Ramah Disabilitas. Indonesian Center for Law and Policy Studies.
Obet Nego; Mondolu, D. C. (2019). Pentingnya Tongkat Didikan Dalam Pola Asuh Anak Berdasarkan Amsal 22:15 Sebagai Evaluasi Terhadap Permissive Parenting. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, Vol. 7 No. 1 (2019): Scripta : Jurnal Teologia dan Pelayanan Kontekstual, 50–67. https://ejournal.stte.ac.id/index.php/scripta/article/view/60/44
Octaryani, M., & Baidun, A. (2018). Uji Validitas Konstruk Resiliensi. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1), 43–52. https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8150
Taufiq. (2012). Positive Psychology: Psikologi Cara Meraih Kebahagiaan. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami.
Trisnowati, I. S. (2017). Pengembangan minat dan bakat anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017.
Vani, G. C., Raharjo, S. T., Hidayat, E. N., & Humaedi, S. (2014). PENGASUHAN (GOOD PARENTING) BAGI ANAK DENGAN DISABILITAS. Share : Social Work Journal. https://doi.org/10.24198/share.v4i2.13067
Wandalia, N., & Dahlawi, D. (2022). Kebijakan Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas Di Universitas Syiah Kuala Menuju Kampus Ramah Difabel. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(1).
Yuniana. (2011). Kesejahteraan subjektif pada yatim piatu (Mustadh’afin). Fakultas Psikologi UAD. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Copyright (c) 2022 Erick Maison Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.