Kesiapan Anak Masuk PAUD ditinjau dari Figur Lekat

  • Musnizar Safari STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam
  • Murni STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam
Keywords: kesiapan, figur lekat, strategis, anak usia dini, spiritual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan anak masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan langkah-langkah strategis yang dilakukan ibu untuk membentuk kesiapan anak masuk PAUD. Penelitian ini menggunakan pola penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 16 orang. Data dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan pola persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa kesiapan anak bervariasi dengan tingkat kesiapan sedang terbanyak yaitu 56,25%; dan langkah-langkah strategis yang dilakukan para ibu untuk membentuk kesiapan anak masuk PAUD adalah menyediakan dan memenuhi segala keperluan dan kebutuhan anak, baik kebutuhan fisik, psikis, materil dan spiritual. Terpenuhinya segala keperluan dan kebutuhan anak ini menunjukkan adanya hubungan kelekatan positif bagi anak sehingga diharapkan tingkat kesiapan anak masuk PAUD menjadi lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 124–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2021). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu Terhadap Kemandirian Anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127–134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504
Astarani, K., & Werdiningsih, A. T. A. (2012). Role in Meeting the Needs of Mother on Child Development Preschoolers. Jurnal Penelitian STIKES Kediri, 5(1), 82–98. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/stikes/article/view/18471
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darso. (2011). Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan: INVOTEC ((Innovation Of Vocational Technology Education), 7(2), 145–160. http://jurnal.upi.edu/invotec/view/655/kesiapan-belajar-siswa-dan-interaksi-belajar-mengajar-terhadap-prestasi-belajar.html
Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efastri, S. M., & Suharni. (2021). Peran Orangtua Terhadap Kesiapan Sekolah Taman Kanak-kanak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 559–565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.454
Fitriyani, Nurwati, N., & Humaedi, S. (2016). Peran Ibu yang Bekerja dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 52–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13626
Gade, F. (2012). Ibu Sebagai Madrasah dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 31–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v13i1.462
Garzia, M., Yufiarti, & Hartati, S. (2019). Perbedaan Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Daerah Pesisir Ditinjau dari Status Ekonomi Orang Tua dan Parenting. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 470–483. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.239
Handayani, S., & Latifa, R. (2019). Peran Ibu Terhadap Kesiapan Anak Bersekolah. Tazkiya (Jurnal of Psychology), 7(2), 176–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/tazkiya.v7i2.13477
Isroiyah, D. (2016). Pengaruh Kelekatan dengan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak melalui Self-efficacy Siswa di MTs. Al-Ittihadiyah Canggu Badas Kediri. Jurnal: Didaktika Religia, 4(1), 29–53. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p29-54.2016
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling: Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Mursini, S. D., & Widyastuti. (2017). Hubungan antara Kelekatan Orang Tua dengan Kedisiplinan Siswa di MTs Nurul Huda Sedati. Jurnal Psikologi: Psikologia, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.21070/psikologia.v2i2.1542
Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46
Nurhayati, H. (2015). Hubungan Kelekatan Aman (Secure Attachment) Anak pada Orang Tua dengan Kemandirian Anak Kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. Jurnal Hasil Riset: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 1–10. https://www.e-jurnal.com/2016/07/hubungan-kelekatan-aman-secure.html
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia (M. Masykur (ed.); 12th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Puryanti, I. (2013). Hubungan Kelekatan Anak pada Ibu dengan Kemandirian di Sekolah [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/18687/1/1601408012.pdf
Ratin, N., Umuri, S. A., & Aini, W. N. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Mempersiapkan Anak untuk Memasuki Pendidikan Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 17–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v2i1.416
Safari, M. (2020). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: DOTPLUS Publisher.
Safari, M., & Aryesha, V. (2021). Utilitas Pola Kelekatan Ibu-Anak Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Genta Mulia, 12(2), 63–72. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/666
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Syabrus, H. (2015). Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 24–30. https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/view/2641/0
Ubaidillah. (2019). Pengembangan Minat Belajar Kognitif Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 58–85. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/j
Walker, A. K., & MacPhee, D. (2011). How Home Gets to School: Parental Control Strategies Predict Children’s School Readiness. Early Childhood Research Quarterly, 26(3), 355–364. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2011.02.001
Yendi, Y. D. N., Eka, N. L. P., & Maemunah, N. (2017). Hubungan Antara Peran Ibu dalam Pemenuhan Gizi Anak dengan Status Gizi Anak Prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Tlogomas Kota Malang. Jurnal Ilmiah Keperawatan: Nursing News, 2(2), 761–771. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/nn.v2i2.537
Published
2021-11-17
How to Cite
Musnizar Safari, & Murni. (2021). Kesiapan Anak Masuk PAUD ditinjau dari Figur Lekat. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 131-142. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i01.7545
Abstract viewed = 577 times
Pdf downloaded = 0 times