Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca awal pada anak melalui kartu huruf pada kelompok B TK Al Hikmah desa Caringin kecamatan caringin Sukabumi, Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subyek pelaksanaan penelitian adalah kelompok B TK Al Hikmah yang berjumlah 16 siswa. Data tentang membaca awal dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan data mengenai penerapan kartu huruf di kumpulkan melalui tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca setelah pembelajaran melalui media kartu huruf. Seperti contohnya B-U-K-U anak dapat mengenal huruf dan membacanya. Hal ini dapat di lihat dari persantase rata-rata hasil membaca awal anak dalam satu kelas sebelum Tindakan sampai dengan siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok B TK Al Hikmah desa Caringin Kecamatan Caringin Sukabumi.
Downloads
References
Adijah, Ika, Oyib Sulaeman, and Solihin Solihin. 2019. “Pengaruh Penggunaan Metode Gerakan Nasional Indonesia Membaca (Gnim) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini.” Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(2): 102–9.
Arifin, Zainal. 2012. “Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifudin, Opan et al. 2021. “Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.”
Baso, Sitti Aisa Andi, Efendi Efendi, and Sahrudin Barasandji. “Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas II SDN Pinotu.” Jurnal Kreatif Online 2(1).
Bawani, Partiwi Kestu. 2013. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sumberejo Kabupaten Klaten Tahun 2013/2014.”
Hakim, Lukman. 2016. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1).
Hartati, Sofia. 2005. “Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Jakarta: Depdiknas.
Istiana, Yuyun. 2017. “Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.” DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan 20(2): 90–98.
Izzaty, R E et al. 2008. “Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta.”
Khaironi, Mulianah. 2018. “Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 2(01): 1–12.
Maftuha, Dina Mustawati. 2014. “Permainan Gobak Sodor Modifikasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Anak Tunagrahita Ringan Permainan Gobak Sodor Modifikasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan Khusus 5(2).
Moerad, Sukriyah Kustanti et al. 2019. “Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini-Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu-Rungkut Surabaya.” SEWAGATI 3(3): 90–96.
Mukhtar Latif, Dkk. 2013. “Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini.”
Nurzahara, Siti. 2021. “Pengaruh Media Sandpaper Latter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Mendalo Darat.”
Oktriana, Yesi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Ajaib Alfabet Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun.”
Rahmawati, Rahmawati. 2017. “Strategi Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1(3).
Soemiarti, Patmonodewo. 2003. “Pendidikan Anak Prasekolah.” Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sulianah, Sulianah. 2014. “Mengenalkan Konsep Huruf Dengan Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak.” BELIA 1(2).
Suyanto, Slamet. 2005. “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.” Jakarta: Depdiknas 83.
Watini, S, and H Efendy. 2018. “The Playing Method ASYIK Based on Multiple Intelligence in Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years.” Journal of Studies in Education 8(1): 51.
Watini, Sri. 2020. “Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood.” Journal of Physics: Conference Series 1477(4): 42055.
Copyright (c) 2021 Itah Fahitah, Sri Watini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.