Penerapan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan memberikan treatment menggunakan metode pemberian tugas pada siswa, kemudian membandingkan kemampuan mengenal bilangan pada anak sebelum dan sesudah diberi metode pemberian tugas. Pengumpulan data penelitian melalui lembar observasi checklist dengan teknik analisis data melalui uji-t. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B berjumlah 38 anak dan sampelnya Kelas B3 berjumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan sebelum treatment 6,20, setelah treatment 6,23 hal ini dibuktikan dari statistik. Berdasarkan perhitungan uji-t di dapat nilai thitung > ttabel atau 32,58 > 2,201, maka Ho ditolak dan Ha diterima, Yang menerapkan pengenalan bilangan pada anak adalah 1. Anak mampu menyebutkan angka 1-50 pada media bergambar, Anak mampu menuliskan angka pada tugas yang diberikan, 3. Anak mampu menulis lambang bilangan yang disebutkan, 4. Anak mampu mengurutkan bilangan yang ditulis sesuai dengan urutannya, 5. Anak mampu menjumlahkan bilangan, 6. Anak mampu mengurangkan bilangan. Setelah dilakukan pretest dan posstest dapat dilihat bahwa metode pemberian tugas berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak. Dapat dilihat dari meningkatnya pengenalan bilangan pada anak.
Abstract
This study aims to determine the effect of the application of the assignment method on the ability to recognize numbers in group B children. This research is a quasi-experimental by giving treatment using the method of giving assignments to students, then comparing the ability to recognize numbers in children before and after being given the method of giving assignments. To collect data is through a checklist observation sheet and analysis method is t-test. In this study, the population of all children in group B was 38 children and the sample for Class B3 was 12 children. The results showed that before treatment 6.20, after treatment 6.23 this was proven by statistics. Based on the t-test calculation, the value of tcount > ttable or 32.58 > 2.201, then Ho is rejected and Ha is accepted. Those who apply number recognition to children are 1. Children are able to name numbers 1-50 on illustrated media, Children are able to write numbers on the given task, 3. The child is able to write the symbol of the number mentioned, 4. The child is able to sort the written numbers according to the order, 5. The child is able to add numbers, 6. The child is able to subtract numbers. After doing the pretest and posttest, it can be seen that the method of giving assignments affects the ability to recognize numbers in children. It can be seen from the increasing number recognition in children
Downloads
References
Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktek. Kencana.
Ayu Sukreni Ni Nyoman, Made Sulastri, M. M. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3336/2738
Cahyati, A., Made Sulastri, M. P., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 4.
Dewa Ayu Putri Ariska Pinatih1, Rini Kristiantari2, I. K. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menulis Dengan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Gambar Pada Anak Kelompok B2 Semester II. E-Journal PG-Paud Universitas Ganesha, 3(1), 1–10.
Fallo, A. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6, 1–11.
Gandana, Gilar, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK At-Toyibah. PAUD Agpedia, 1, 92–105.
Isabela Hasiana, A. W. (2017). Pengenalan Musik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A Di TK Lintang Surabaya. Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 131–138.
Khadijah. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Praktek. Kencana.
Mamonto, C. (2020). Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Buah di TK Lestari. Ejurnal-Mapalus-Unima.Ac.Id, 2, 3. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia
Nuraini Sujiono, Y. (2017). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Meong-meongan, P. P. T., Siyani, N. A., Asri, I. G. A. A. S., Putra, I. K. A., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2016). KELOMPOK B3 KUMARA Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak. 4(1), 1–10.
Permata, R. D., Keguruan, F., Arciniegas Paspuel, O. G., Álvarez Hernández, S. R., Castro Morales, L. G., & Maldonado Gudiño, C. W. (2021). Inte- ligencia emocional en estudiantes de la Universidad Autónoma de Los Andes. Revista Conrado, 17(78), 127-133., Suryastini, L. A., Tedjasaputra, M. S., Fadlillah, M., & Istati, R. (2019). Bermain, mainan dan permainan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol.2,No.1(1), 2.
Pinatih, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menulis Dengan Metode Pemberian Tugas Berbantukan Media Gambar Pada Anak Kelompok B2 Semester 1. PG-PAUD Universitas Ganesha, 3.
Prawati, S. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN No 1 Pangalasiang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2354-614X), 1–17.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian, Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumardi, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. PAUD Agpedia, 3.
Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Bernagai Aspeknya. Kencana.
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
Widodo Wellanda, D. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas Dan Resitasi Dalam Upaya Meningkatakan Kemampuan Menulis Surat Siswa Kelas X Di Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Informasi Dan Komunikasi Perkantoran, 1.
Wulandari, P. D., Wirya, I. N., & Tirtayani, L. A. (2014). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 4.
Copyright (c) 2022 Rizka Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.