Penggunaan Media Animasi Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini

  • Pramita Sofia Mardani Universitas PGRI Palembang
Keywords: Media Animasi Bergambar, Membaca Permulaan, Keywords: Pictorial Animation Media, Beginning Reading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media animasi dalam meningkatkan keterampilan membaca anak usia dini kelompok B di TK Matahari Palembang tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 12 anak, yang terdiri 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre eksperimen, dengan memberikan treatment kepada anak berupa memberikan video animasi mengenal huruf, kemudian membandingkan hasil membaca anak sebelum dan sesudah pemberian treatment. Metode pengumpulan data penelitian melalui observasi dan tes lisan. Adapun metode dalam menganalisis data penelitian yaitu dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji-t di dapat nilai thitung > t tabel atau 26,61>1,796 maka Ho ditolak dan Ha diterima Ini berarti hipotesis yang menyatakan animasi bergambar memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan anak usia dini kelompok B di TK Matahari Palembang diterima kebenarannya, faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan anak adalah Anak mampu 1. Menyebutkan huruf besar dan kecil sesuai urutan abjad, 2. Membedakan huruf besar dan kecil, 3. Membedakan simbol-simbol bacaan, 4. Menuliskan simbol-simbol bacaan, 5. Mengeja dengan benar, 6. Membaca kata dengan benar. Setelah dilakukan pretest dan posttest dapat dilihat bahwa media animasi berpengaruh dalam perkembangan membaca permulaan anak usia dini.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of providing animation media in improving the reading skills of early childhood group B at Matahari Kindergarten Palembang in 2021. The sample in this study was 12 children in group B, consisting of 7 boys and 5 girls. The method used by the researchers in this study used quantitative pre-experimental methods, by giving treatment to children in the form of giving animated videos recognizing letters, then comparing the results of reading children before and after giving treatment. Methods of collecting research data through observation and oral tests. The method for analyzing research data is the t-test. The results of the study based on the t-test calculation obtained the value of tcount > ttable or 26.61> 1.796 then Ho was rejected and Ha was accepted. This means that the hypothesis which states that illustrated animation has an influence on early childhood reading skills in group B at Matahari Kindergarten Palembang is accepted. Factors that influence a child's early reading ability are the child is able to 1. Say upper and lower case letters in alphabetical order, 2. Distinguish upper and lower case letters, 3. Distinguish reading symbols, 4. Write reading symbols, 5. Spelling correctly, 6. Read the word correctly. After doing the pretest and posttest, it can be seen that animation media has an effect on early childhood reading development.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Sri Wulan & Yayan Alpian. 2020. Membaca Permulaan Dengan Teams Games Tournament. Jawa Timur:Qiara Media.
Apriliana, Triska Luthfi. 2019. Pengembangan Media Pop-up Hidden Chart Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. TK An-Nur Malang.
Darmadi. 2020. Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini. Bandar Lampung:Guepedia.
Hajar, Siti. 2019. Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jatisela Sesela Kec. Gunungsari Kab. Lombok Barat, Indonesia. https://youtu.be/MogR_fFfC34
Kesumawati, Nila & Ichwan Aridanu. 2018. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang:NoerFikri Offset.
Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:Kencana.
Muhsyanur. 2019. Pengembangan Keterampilan membaca. Sulawesi Selatan:Uniprima Press.
Nurdin, Ismail & Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Nurjanah, Siti dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini melalui Media Animasi. Cimah.
Oktaviani, Dina & Damaywati Ray. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Salsa TA 2016/2017. UNIMED.
Pakpahan, Andrew Fernando dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.
Purba, Ramen A, dkk. 2021. Media dan teknologi Pembelajaran. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.
Santoso, Singgih. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta:Pt Elex Media Komputindo
Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Sumiharsono, Rudy. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur:CV PUSTAKA ABADI ( Anggota IKAPI).
Tim Penulis. 2014. PERMENDIKBUD nomor 137. Jakarta
Tjoe, Jo Lioe. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia. PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta
Yusuf, A Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana
.
Published
2022-03-29
How to Cite
Mardani, P. S. (2022). Penggunaan Media Animasi Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 63-75. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8778
Abstract viewed = 1365 times
Pdf downloaded = 0 times