Penerapan Protokol Kesehatan dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Anak

  • Taty Fauzi Universitas PGRI Palembang
  • Dwi Nurhandayani Universitas PGRI Palembang
  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang
Keywords: Kata Kunci : Disiplin, Protokol Kesehatan, RA, Keywords: Discipline, Health Protocol, RA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena aktivitas 3 M belum menjadi bagian dalam aktivitas anak-anak di RA Nurul Hikmah sehingga dipandang penting untuk menumbuhkembangkan bahkan dapat meningkatkan disiplin anak dalam mematuhi  protokol kesehatan khususnya dilingkungan sekolah. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 16 orang anak 13 orang anak bahkan belum memahami arti disiplin. Tujuan penelitian menumbuhkembangkan dan membiasakan anak untuk dapat disiplin hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan di era pandemi covid-19. Desain penelitian menggunakan desain tindakan kelas dengan dua siklus. Data penelitian  melalui pengamatan, observasi, dan dokumentasi. Instrumen melalui kegiatan kolase mengenal bentuk, dan warna masker, pada kegiatan ke dua anak mengenal virus covid- 19 dan bagaimana penularan terjadi. Analisis data menggunakan statistik non- parametrik. Hasil penelitian pada siklus pertama disiplin anak menujukkan tingkat capaian perkembangan (TCP) berada pada skor 14,82 kategori mulai berkembang. Pada siklus pertama skor rata- rata tingkat capaian perkembangan (TCP) disiplin anak memperoleh skor 35,38 sedangkan pada pra siklus skornya hanya 20,56 hal ini menunjukkan adanya peningkatan. Sedangkan pada siklus kedua disiplin anak berada pada skor 42,6 (16 orang) berada pada kategori berkembang sangat baik. Terjadi peningkatan pada siklus kedua sebesar 7,18.  Kesimpulan pada akhir siklus kedua keberhasilan tercapai sesuai dengan target yang diinginkan.

 Abstract:

This research is motivated because the 3M activity has not been part of the children's activities at RA Nurul Hikmah so it is considered important to develop and even improve children's discipline in complying with health protocols, especially in the school environment. Observation results show that out of 16 children 13 children do not even understand the discipline of science. The purpose of this research is to develop and familiarize children with a healthy life by complying with health protocols in the era of the COVID-19 pandemic. The research design used a classroom action design with two cycles. Research data through observation, observation, and documentation. The instrument through the collage activity recognized the shape and color of the mask, in the second activity the children recognized the covid-19 virus and how transmission occurs. Data analysis used non-parametric statistics. The results of the research in the first cycle of child discipline showed that the level of developmental achievement (TCP) was at a score of 14.82 in the category of starting to develop. In the first cycle, the average score for the developmental achievement level (TCP) of child discipline was 35.38, while in the pre-cycle the score was only 20.56, this indicates an increase. Meanwhile, in the second cycle of child discipline, a score of 42.6 (16 people) was in the very well developed category. There was an increase in the second cycle of 7.18. The conclusion at the end of the second cycle of success is achieved in accordance with the desired target.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adda’i, Muhammad Fajri (2020). Masyarakat dan Pemerintah Bersama Tekan Penularan Covid-19Melalui ProtokolKesehatan https://kominfo.go.id

Angkur, Maria Fatima Mardina. (2020).Peran Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri.Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3, No.1, Januari 2022. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id

Asmadi, Didi, Hidayaturrahmi, Juwita, Andriansyah, Sri Rahmawati, & M. R. (2021). Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Siswa Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Panti Asuhan Yakesma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 3

Erawati, Erni. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui PenggunaanReinforcement Secara Variatif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Kepahiyang.Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (2), 36-43

Fredi,Dewi Puji Rahayu, Karlina Wong Lieung, Ratna Purwanty, Lastika Ary Prihandoko. (2021). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Anak Sekolah Dasar di Pesisir Pantai Payum Merauke. Jurnal Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2), 2021, 73-80 https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/abdika/article/view/1078 DOI: https://doi.org

Indragiri, Suzana Indragiri , Cucu Herawati, Wulan Puspasari , Iin Kristanti , Nuniek Tri Wahyuni. (2022). Perilaku 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid- 19. Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus P-ISSN 2338-6347 E-ISSN 2580-992X Vol. 9, No. 2, Februari 2022

Istiatin, Sudarwati, Burhanudin, Beno, Fera, Indah, I. (2021). Meningkatkan Perilaku Mawas Diri Pada Era New Normal Masyarakat Jurang Jero Karang malang Sragen. Jurnal Budimas, Vol. 03, No. 01. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1849

Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) No. HK.01.07-MENKES-328-2020 tentang Panduan Pencegahan Pengendalian COVID-19 di Perkantoran dan Industri. https://kominfo.go.id/content

Lestari, R. S. (2016). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di Taman Kanak- kanak IT Az Zahra Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. http://repository.radenintan.ac.idHttp://Repository.Radenintan.Ac.Id/

Lestiawati, I Madei, Ida Bagus Komang Sindu Putra. (2020). Meningkatkan Perilaku Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Di Era New Normal. Jurnal Pratama Widya, Vol 5, No 2 (2020) DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v5i2.1758

Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan Remaja Rosdakarya

Marzuki, Dian Saputra, Muh. Yusri Abadi , Suci Rahmadani , Muhammad Al Fajrin , Rima Eka Juliarti, A. P. (2021). Analisis Kepatuhan Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Pedagang Pasar Kota Parepare Obedience (Analysis of Mask Use in Prevention of COVID-19 in Traders ParepareCity) Http://Scholar.Unand.Ac.d

Mills, H. (2012). Teaching and training. The Macmillan Press, Ltd

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya

Mujahiz, Z, Fakhri, M. R. A. (2021). Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan di Rumah Belajar Anak Soleh dan Soleha. Prosiding Semnaskat LPPM UMJ

Mu'naamah, Maimunatul, Siti Masitoh, Sri Setyowati. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan anak Usia Dini. Vol 9, No 3 (2021)https://ejournal.undiksha.ac.id. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i3

Munandar, A. dkk. (2020). Kecenderungan Disiplin Memakai Masker Di Lokasi Pasar Tradisional Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Pasar Panorama Kota Bengkulu). Http://Journals.Unihaz.Ac.Id, vol 9 n0 2

Moerdijat, Lestari. (2021).Masyarakat di Daerah Belum Paham Bahaya Covid-19https://kumparan.com

Nugroho. (2020). Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan di Era Kenormalan Pada Dunia PAUD. Jurnal Al Hikmah, Vol 8 N0 1, 150–156

Ramadhani, S. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan Dengan Metode Storytelling (Audio Visual) Terhadap Kemampuan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Anak Usia Dini Pra Sekolah Di Paud Khalifah Muara Gondang Tahun 2018. Skripsi Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang

Sari, Ria Setia, Gena Devitria, Gita Veronica Ginting, Fitra Herawati, Fitri Amalia Syaputri, Fitria Rizqiyah, Fitriatul Masdiah, Fitriyani Fitriyani, Geby Mora, Gismaka Qoirunissa Putri, Hanny Putri Ristianadewi, Hilmatunnisa Setia Rahayu, Ibnu Baidillah, K. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Cara Mencuci Tangan dan Penggunaan Masker Yang Benar Melalui Penyuluhan Kesehatan Pada Anak. Jurnal Masyarakat Mandiri, 2

Setianingsih, Novi Indrayati. (2021). Analisis Penerapan Protokolo Kesehatan Pada Anak Di Era Pandemi Covid- 19. Vol. 12 No. 2 (2021): Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal. DOI: https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i2.339

Sholicha, Riyadlotus, N. R. F. (2021). Sosialisasi Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi Melalui Mewarnai Damar Kurung Pada Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 8, 1–8

Sugiharti, Euis, Chitra Charisma Islami

. Implementasi Pembelajaran Home Visit Terhadap Penanaman Nilai- Nilai Disiplin Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid - 19 Jurnal Golden Age Vol 5, No 2 (2021) https://e-journal.hamzanwadi.ac.id. E- ISSN 2549- 7367. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3731

Supriyanto, J. N. (2021). Strategi Membangun Budaya Disiplin Siswa di era Pandemi Covid- 19. Jurnal Inspirasi Managemen Pendidikan, 9, 604–618

Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini (Studi Kasus dI AL-Muna Islamic Preschool Semarang. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak Homepage: Vol. 3 No. 1, Februari 2017 P-ISSN: 2541-4658 E-ISSN: 2528-7427

Taulany, Himmah. (2020). Manajemen Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana. ISSN: 2686 6404

Togibasa, Octolia, Siane Maria Tampi, Pahala Tua Hutajulu.(2021). Pendampingan Pelaksanaan Protokol Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Sekolah Sepakbola Emsyk, Papua. Jurnal Wikrama Parahita. Vol.5. No. 1 (2021).

https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita.DOI.org/10.30656/JPMWP.V51

Yuliana, E. S. A. (2021). Kedisiplinan Sekolah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan Universitas Negeri Padang. Journal Of Civic Education, Vol 4 No 3

Published
2022-03-29
How to Cite
Fauzi, T., Nurhandayani, D., & Andriani , D. (2022). Penerapan Protokol Kesehatan dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Anak . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 53-62. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9179
Abstract viewed = 1378 times
Pdf downloaded = 0 times