About the Journal

Focus and Scope

Journal of Special Education Lectura adalah jurnal penelitian yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan bidang pendidikan khusus.

Adapun Focus dan Scopenya adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Inklusi
2. Intervensi Dini bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
3. Teknologi Asistif bagi Individu dengan Disabilitas
4. Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Individu dengan Disabilitas
5. Layanan Pendidikan Khusus
6. Modifikasi Kurikulum bagi Anak Berkebutuhan Khusus
7. Program Pembelajaran bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
8. Identifikasi dan Asesmen bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Peer Review Process

Seluruh artikel akan direview pertama kali oleh editor. Evaluasi ini meliputi fokus dan cakupan jurnal, tingkat similarity, dan template jurnal. Apabila tidak memenuhi ketentuan, artikel akan segera dikembalikan ke penulis. Proses pengecekan masih manual.

Setelah melewati proses review awal, artikel akan dikirim ke minimal 2 orang reviewer menggunakan kebijakan Double blind peer review. Seluruh komentar dari reviewer akan dikirimkan ke corresponding email yang tercatat pada setiap artikel. Editor akan memberikan informasi ke penulis terkait hasil akhir penilaian paling lambat 20 hari setelah paper disubmit.

Keputusan akhir editor terkait artikel diputuskan berdasarkan hasil evaluasi akhir dari rapat tim editor jurnal. Selanjutnya, editor akan mengirimkan hasil akhir penilaian kepada penulis.

Publication Frequency

Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada setiap Juni dan Desember pada masing-masing nomor.

Open Access Policy 

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

Plagiarism Check

Penulis harus mencegah naskah dari indikasi plagiarisme. Naskah yang dikirimkan ke Journal of Special Education akan disaring untuk plagiarisme menggunakan Perangkat Lunak Deteksi Plagiarisme Turnitin. Indeks kemiripan yang diterima jurnal ini untuk proses selanjutnya tidak lebih dari 20%. Naskah yang diserahkan yang memiliki indeks kesamaan lebih dari 20% akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi.