Copywriting for Teenagers’ Personal Branding on Social Media
Pemanfaatan Copy Writing untuk Personal Branding di Media Sosial Bagi Kalang Remaja
Abstract
Artikel ini membahas hasil pengabdian kepada masyarakat mengenai pemanfaatan copywriting untuk personal branding. Peserta pelatihan ini terdiri atas 67% remaja dan 33% kalangan dewasa awal. Kegiatan pengabdian dilakukan secara daring melalui Zoom meeting sehingga peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Copy writing dalam personal branding dapat dilakukan dengan menyampaikan (a) alasan bertahan dalam sebuah konten, (b) cerita menarik, (c) argumentasi, (d) ajakan untuk mengikuti nilai atau value yang dikampanyekan. Materi copy writing untuk personal branding dapat dipraktikkan oleh peserta dalam melakukan personal proof di media sosial Instagram. Pelatihan copy writing untuk personal branding dapat mempermudah peserta dalam mengarahkan kontennya dalam menyampaikan pesan-pesan atau value yang ingin disebarkan kepada masyarakat.
Downloads
References
Bayu, D. (2022, June 13). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Remaja-Paling-Banyak-Gunakan-Internet-Di-Indonesia-Pada-2022.
C. Rita Srihasnita R, & Dharmasetiawan. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri . Jurnal BAPPEDA, 4(1), 19–25.
Dariyo, A. (2003). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Gramedia Pustaka.
detiknews. (2022, May 11). Ragam Komentar ke Deddy Corbuzier Usai Konten LGBT Bikin Geger. Https://News.Detik.Com/Berita/d-6073387/Ragam-Komentar-Ke-Deddy-Corbuzier-Usai-Konten-Lgbt-Bikin-Geger.
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya . Istighna, 1(1), 116–133.
Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee pada Saat Pandemi Covid-19 . Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 97. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.395
Johnson, C. (2018). Platform: The Art and Science of Personal Branding. Lorena Jones Books.
Kurniawan, N., & Gabriella, S. (2020). Personal Branding Sebagai Komodifikasi Konten Pada Akun Youtube Rahmawati Kekeyi Putri Cantika. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(1), 27–45.
Maslen, A. (2015). Persuasive Copywriting (2nd ed.). Kogan Page.
Maulidi, R. A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Tingkat Brand Awareness terhadap Minat BeliApple iPhone. ISEI Business and Management Review , 1(1), 7–18.
Putri, A. F., Hartati, T., & Purwinarti, T. (2017). Analisis Konten Kreatif Pada Fanpage Facebook Cadbury Dairy Milk Tahun 2016. Epigram, 14(2), 131–141.
Rizal, J. G. (2021, November 6). Soal Kepopuleran “Kretek Abal-abal”, Ini Kata Dokter Ortopedi. Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2021/11/06/205100265/Soal-Kepopuleran-Video-Kretek-Abal-Abal-Ini-Kata-Dokter-Ortopedi?Page=all.
Suryani, Y., Sulistyaningtyas, T., Supriadi, A., Febriyanti, E. A., & Qurratu’Aini, Q. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Komunitas Perajin Sulam Tali di Kabupaten Ketapang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11698
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal SCRIPTURA, 11(1), 41–52.