Copywriting for Teenagers’ Personal Branding on Social Media

Pemanfaatan Copy Writing untuk Personal Branding di Media Sosial Bagi Kalang Remaja

  • Linda Handayani Sukaemi Institut Teknologi Bandung
  • Isam Samsul Muharam
  • Hanipah Fahirah Kamilah
Keywords: copy writing, personal branding, media sosial, personal proof, Instagram

Abstract

Artikel ini membahas hasil pengabdian kepada masyarakat mengenai pemanfaatan copywriting untuk personal branding. Peserta pelatihan ini terdiri atas 67% remaja dan 33% kalangan dewasa awal. Kegiatan pengabdian dilakukan secara daring melalui Zoom meeting sehingga peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia.  Copy writing dalam personal branding dapat dilakukan dengan menyampaikan (a) alasan bertahan dalam sebuah konten, (b) cerita menarik, (c) argumentasi, (d) ajakan untuk mengikuti nilai atau value yang dikampanyekan. Materi copy writing untuk personal branding dapat dipraktikkan oleh peserta dalam melakukan personal proof di media sosial Instagram. Pelatihan copy writing untuk personal branding dapat mempermudah peserta dalam mengarahkan kontennya dalam menyampaikan pesan-pesan atau value yang ingin disebarkan kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriluyanto, T. R. (2018). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 184–197.
Bayu, D. (2022, June 13). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Remaja-Paling-Banyak-Gunakan-Internet-Di-Indonesia-Pada-2022.
C. Rita Srihasnita R, & Dharmasetiawan. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri . Jurnal BAPPEDA, 4(1), 19–25.
Dariyo, A. (2003). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Gramedia Pustaka.
detiknews. (2022, May 11). Ragam Komentar ke Deddy Corbuzier Usai Konten LGBT Bikin Geger. Https://News.Detik.Com/Berita/d-6073387/Ragam-Komentar-Ke-Deddy-Corbuzier-Usai-Konten-Lgbt-Bikin-Geger.
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya . Istighna, 1(1), 116–133.
Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee pada Saat Pandemi Covid-19 . Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 97. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.395
Johnson, C. (2018). Platform: The Art and Science of Personal Branding. Lorena Jones Books.
Kurniawan, N., & Gabriella, S. (2020). Personal Branding Sebagai Komodifikasi Konten Pada Akun Youtube Rahmawati Kekeyi Putri Cantika. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(1), 27–45.
Maslen, A. (2015). Persuasive Copywriting (2nd ed.). Kogan Page.
Maulidi, R. A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Tingkat Brand Awareness terhadap Minat BeliApple iPhone. ISEI Business and Management Review , 1(1), 7–18.
Putri, A. F., Hartati, T., & Purwinarti, T. (2017). Analisis Konten Kreatif Pada Fanpage Facebook Cadbury Dairy Milk Tahun 2016. Epigram, 14(2), 131–141.
Rizal, J. G. (2021, November 6). Soal Kepopuleran “Kretek Abal-abal”, Ini Kata Dokter Ortopedi. Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2021/11/06/205100265/Soal-Kepopuleran-Video-Kretek-Abal-Abal-Ini-Kata-Dokter-Ortopedi?Page=all.
Suryani, Y., Sulistyaningtyas, T., Supriadi, A., Febriyanti, E. A., & Qurratu’Aini, Q. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Komunitas Perajin Sulam Tali di Kabupaten Ketapang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11698
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal SCRIPTURA, 11(1), 41–52.
Published
2023-04-29
How to Cite
Sukaemi, L. H., Muharam, I. S., & Kamilah, H. F. (2023). Copywriting for Teenagers’ Personal Branding on Social Media: Pemanfaatan Copy Writing untuk Personal Branding di Media Sosial Bagi Kalang Remaja. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 433-444. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.12629
Abstract viewed = 268 times
pdf downloaded = 265 times