Sumbangan Gadget bagi Keterlambatan Bicara Anak Usia Dini
Abstract
Perkembangan bahasa pada anak usia dini sangat penting bagi kelangsungan hidupnya sebagai makhluk sosial. Saat ini, anak-anak memiliki lebih banyak akses ke media elektronik setiap hari dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang sibuk dengan gadget berpotensi mengalami keterampilan perkembangan bahasa karena minimnya interaksi, menghasilkan perilaku menyimpang, penurunan kognitif. Paparan awal media elektronik pada usia dibawah dua tahun memberikan dampak pada bahasa, tetapi masih belum dapat disimpulkan. Penelitian ini bertujuan mengungkap dampak paparan awal gadget terhadap perkembangan bahasa dan perilaku mirip autis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang menghabiskan waktu menonton lebih dari 3 jam per hari mengalami keterlambatan bahasa dan rentang perhatian yang pendek, sedangkan anak yang menghabiskan waktu menonton kurang dari 3 jam per hari mengalami keterlambatan bahasa, rentang perhatian yang pendek, dan hiperaktif. Ditemukan bahwa lebih dari separuh anak (55%) tidak memiliki interaksi dengan orang tua selama anak menggunakan gadget, keterlambatan bicara dan perhatian pendek telah dilaporkan pada semua kasus, dan hiperaktif ditemukan pada 70% anak.
Downloads
References
Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan bahasa pada anak speechdelay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86.
Aminah, S. (2014). PENGARUH MEDIA PANGGUNG BONEKA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB-AC Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya Oleh : SITI AMINAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA Media Panggung Boneka Terhadap . 1–6.
Bakken, L., Brown, N., & Downing, B. (2017). Early childhood education: The long-term benefits. Journal of Research in Childhood Education, 31(2), 255–269.
Chonchaiya, W., & Pruksananonda, C. (2008). Television viewing associates with delayed language development. Acta Paediatrica, 97(7), 977–982.
Christakis, D. A., Zimmerman, F. J., DiGiuseppe, D. L., & McCarty, C. A. (2004). Early television exposure and subsequent attentional problems in children. Pediatrics, 113(4), 708–713.
Emelin, V., Tkhostov, A., & Rasskazova, E. (2013). Excessive use of internet, mobile phones and computers: the role of technology-related changes in needs and psychological boundaries. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 86, 530–535.
Gayatri, G., Rusadi, U., Meiningsih, S., Mahmudah, D., Sari, D., Kautsarina, K., & Nugroho, A. C. (n.d.). DIGITAL CITIZENSHIP SAFETY AMONG CHILDREN AND ADOLESCENTS IN INDONESIA PERLINDUNGAN PENGGUNA MEDIA DIGITAL DI KALANGAN ANAK DAN REMAJA DI INDONESIA.
Harahap, D. G. S., FITRIANTI, H., SUTEKI, M., RIYANA, M., & IMBANOP, Y. Y. (2022). The Influence of the Role-Playing Method to Improve Speaking Skills in the Merauke Pertiwi Kindergarten Group A. JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION, 1(5), 206–212.
Hendriyani, Hollander, E., d’Haenens, L., & Beentjes, J. W. J. (2012). Children’s media use in Indonesia. Asian Journal of Communication, 22(3), 304–319.
Hudon, T. M., Fennell, C. T., & Hoftyzer, M. (2013). Quality not quantity of television viewing is associated with bilingual toddlers’ vocabulary scores. Infant Behavior and Development, 36(2), 245–254.
Master, K. M., Kaur, C. P., Narasimhan, A., Mizrab, N., Ali, M., & Shaik, R. B. (2016). Impact of electronic gadgets on psychological behavior of middle school children in UAE. Uni Emirates Arab. Gulf Medical Journal, 5(S2), S54–S60.
Puspita, A. C., Perbawani, A. A., Adriyanti, N. D., & Sumarlam, S. (2019). Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. Lingua: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 15(2), 154–160.
Santrock, John W. (2011). Educational Psychology. In Educational Psychology (5th ed.). McGraw-Hill. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Santrock, John Watson. (2011). CHILD DEVELOPMENT. In Thirteenth Edition. McGraw-Hill. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Saruji, M. A. M., Hassan, N. H., & Drus, S. M. (2017). Impact of ICT and electronic gadget among young children in education: A conceptual model. Proceedings of the 6th International Conference on Computing & Informatics, 165.
Syamsu, Y. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (BANDUNG). PT. Remaja Rosakarya. Repo. Unikadelasalle. Ac. Id% 2Findex. Php% 3Fp% 3Dshow_detail% 26id% 3D5804% 26keywords D, 3.
Tanimura, M., Okuma, K., & Kyoshima, K. (2007). Television viewing, reduced parental utterance, and delayed speech development in infants and young children. Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, 161(6), 618–619.
Thomée, S., Härenstam, A., & Hagberg, M. (2011). Mobile phone use and stress, sleep disturbances, and symptoms of depression among young adults-a prospective cohort study. BMC Public Health, 11(1), 1–11.
Umah, R. Y. H. (2017). Gadget dan Speech Delay: Kajian Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 235–242.
Yee, H. K., Seok, C. B., Hashmi, S. I., Teng, T. L., & Indran, R. (2016). Why gadget usage among preschoolers should matter to teachers? A pilot study. GESJ: Education Science and Psychology, 40(3), 14.
Copyright (c) 2023 Meta Silfia Novembli, Effran Zudeta, Nisaul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.