ANALISIS PERBANDINGAN APLIKASI BELANJA ONLINE INDONESIA DAN TIONGKOK DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE
DOI:
https://doi.org/10.31849/zn.v7i2.21253Keywords:
E-Commerce, Usability, System Usability, Scale, Shopee, TaobaoAbstract
Shopee merupakan aplikasi belanja online Indonesia yang paling populer digunakan, sedangkan Taobao merupakan aplikasi belanja online Tiongkok terbesar yang merajai negara tersebut dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Kedua aplikasi Indonesia (Shopee) dan Tiongkok (Taobao) ini memiliki tipe user interface yang dapat dibilang mirip dan keduanya menjadi e-commerce paling laris dipakai. Kesuksesan dalam e-commerce ini berdasarkan kepada ketertarikan pengguna dalam pemakaian aplikasi dengan tampilannya (user interface) yang baik. Usability merupakan faktor penting dalam aplikasi yang harus diperhatikan dan dapat diuji dengan pemberian nilai kriteria yang terkait dengan kemudahan user interface pada aplikasi. Salah satu cara untuk menguji usability adalah dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat nilai usability. Menurut metode SUS, pengukuran usability dibagi menjadi 3 aspek; effectiveness, efficiency dan satisfaction. Penelitian ini akan berfokus pada perbandingan pengujian tingkat usability aplikasi belanja online Indonesia (Shopee) dan Tiongkok (Taobao) berdasarkan ketiga aspek usability yang diukur menggunakan metode System usability scale (SUS). Dalam penilitian ini, Shopee Indonesia lebih unggul dari Taobao dari segi komponen efektivitas dengan predikat “Excellent” dengan nilai 81.67 dan predikat “Good” untuk komponen efisiensi dengan nilai 75.52 dengan gap nilai kurang lebih 4 poin. Sedangkan dari segi komponen kepuasan memiliki nilai yang sama yaitu 75.42.
References
[1] J. Salim and L. S. Putranto, (2020) “Analisis Pengaruh Layanan Belanja Online Terhadap Perjalanan Berbasis Rumah Dan Tempat Aktivitas Dengan Metode Sem,” JMTS J. Mitra Tek. Sipil, vol. 3, no. 4, p. 1017, doi: 10.24912/jmts.v3i4.8420.
[2] Widiyawati Y., Ningsih C. D. S, Lestari F., Pramita G. (2022). “ANALISIS PENGARUH BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA DIMASA PANDEMI COVID-19”. Journal of Infrastructural in Civil Engineering (JICE).
[3] RA Yudarmawan, A Sudana, DMS Arsa., Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan“., Jurnal Ilmu Teknologi dan Komputer. 2020.
[4] Putra, Y. S. M., & Tanamal, R. (2020). Analisis usability menggunakan metode USE Questionnaire pada website Ciputra Enterprise System.
[5] Sipayung, E. M., & Susilo, W. S. (2021). Analisis Usability Portal Akademik Berbasis Web Menggunakan USE Questionnaire. Jurnal Telematika, 16(2), 91-95.
[6] J.Sauro, (2020), Measuring Usability With The System usability scale (SUS), Journal of Informatics, 7(2), 78-89.
[7] Yonata, Y., Sipayung, E. M., & Theresa, N. (2020). Analisis user interface sistem informasi akademik berbasis mobile pada aspek usability (studi kasus: Aplikasi XYZ). Jurnal Telematika, 15(1), 55-62.
[8] Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, K., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 107-112.
[9] Febriantoro, W. (2018). Kajian dan strategi pendukung perkembangan e-commerce bagi UMKM Di Indonesia. Jurnal Manajerial, 17(2), 184.
[10] Hakim, B., Monica Geasela, Y., & Hansen, Y. (2024). Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Zonasi Dengan Combined Algorithm (Simple Additive Weighting Dan Profile Matching). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(3), 1903–1913. https://doi.org/10.55681/jige.v5i3.3069
[11] Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System usability scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing, 5(2), 146-150.
[12] Melati, K. R., & Dewi, S. N. K. (2020). Integrated E-commerce Ecosystem in China and Indonesia’s Giant Market. In 2nd International Media Conference 2019 (IMC 2019) (pp. 251-269). Atlantis Press.
[13] Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM) , 18(2).
[14] Yang Liqing. (2022). Diferensiasi spasial kualitapplayanan toko Taobao dan faktor-faktor yang memengaruhinya di China. Northeast Normal University, 9(2), pp 1-16.
[15] Simarmata, H., Simarmata, I., Simarmata, J., & Keke, Yulianti. (2020). The Factors Influencing Customer’s Interest in Using E-commerce Services. Advances in Transportation and Logistics Research, 3, 747-757.
[16] Resa, R., & Wardani, K. R. N. (2022). USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE BPKAD PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 88-99.
[17] Pradana, M., & Ichsan, M. (2018). Analysis of an Indonesian E-commerce website: gap between actual performance and users' expectation. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(1), 65-75.
[18] Welhelmina S. T., Thenata A. P., Hakim B. (2023). Aplikasi Voting Naskah Dan Pre-Order Buku Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Penerbit Loveable), JBASE, 6(2), 46-57.
[19] Azizah, L. N. (2024). EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE IBIS PAINT X MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3726.
[20] Qatrunada, Siti Shofiah, & Rizal Aprianto. (2024). System Usability Scale (SUS) Aplikasi Android Pemeriksaan Persyaratan Teknis Kendaraan Bermotor. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 3(4), 96–104. https://doi.org/10.55606/juprit.v3i4.4361.
[21] Fristasya, A., Az-Zahra, C. R., Sumiati, M., Fauziah, S., & Ahmad, F. (2021). Pendekatan Swot Dalam Pengambilan Keputusan Perencanaan Sdm Di Pt X. SeTIA Mengabdi–Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 20-30.
[22] Ernawati, S., & Rahayu, S. (2023). Analisa Usability Pada Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Menggunakan Metode Usability Testing. BIOS : Jurnal Teknologi Informasi Dan Rekayasa Komputer, 5(1), 12-19. https://doi.org/10.37148/bios.v5i1.87.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CC BY-SA 4.0
Attribution-ShareAlike 4.0
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.
