ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK
DOI:
https://doi.org/10.31849/3epmtb36Keywords:
Tiktok Shop, Kepuasan Pengguna, PIECES Framework, Evaluasi Aplikasi, E-CommerceAbstract
Perkembangan teknologi dan e-commerce semakin pesat, terutama setelah pandemi covid-19. TikTok Shop adalah salah satu platform yang telah menunjukkan pertumbuhan yang mencolok, sebagai layanan belanja berbasis media sosial yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk mahasiswa. Fokus penelitian ini adalah menganalisis kepuasan pengguna aplikasi TikTok Shop di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dengan menggunakan pendekatan PIECES Framework. Metode ini mengevaluasi enam aspek utama, yaitu Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, dan Service. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 50 responden dengan skala Likert sebagai alat ukur. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh aspek yang diukur berada dalam kategori "Puas", dengan skor tipikal keseluruhan sebesar 3,88. Penelitian ini menghasilkan bahwa TikTok Shop memberikan pengalaman pengguna yang positif serta memenuhi ekspektasi dalam hal kinerja, informasi, ekonomi, keamanan, efisiensi, dan layanan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembang TikTok Shop dalam upaya meningkatkan kualitas layanan agar lebih efektif.
References
[2] Ilham, Suparni, A. Al Kaafi, and H. Rachmi, “Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 9, no. 2, pp. 119–128, Dec. 2022, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse
[3] A. Trianita and R. W. Damayanti, “Pengaruh Kualitas Tampilan Aplikasi dan Harga Terhadap Minat Beli Gen Z dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi pada Pengguna Social Commerce Tiktok Shop di Yogyakarta,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 113–126, Aug. 2024.
[4] Murhadi Werner Ria and Reski Eva Cahaya, “Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop),” Jurnal Ilimiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, vol. 16, no. 2, pp. 229–240, 2022.
[5] K. K. A. Pratama and I. K. D. Nuryana, “Implementasi PIECES Framework Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Bibit,” JEISBI (Journal of Emerging Information Systems and Bussiness Intelligence), vol. 04, no. 01, pp. 82–90, 2023.
[6] N. Nawastuti and Irmawati, “Pengaruh Influencer dan E-WOM terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Pada Pelanggan TikTok Shop,” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 1415–1421, Dec. 2023, doi: 10.37034/infeb.v5i4.735.
[7] F. L. Y. Aityassine, “Customer satisfaction, customer delight, customer retention and customer loyalty: Borderlines and insights,” Uncertain Supply Chain Management, vol. 10, no. 3, pp. 895–904, Sep. 2022, doi: 10.5267/j.uscm.2022.3.005.
[8] T. E. Noor, A. Pratama, and A. Faraqi, “Analisis Customer Satisfaction dan Loyalty pada Layanan Video on Demand,” ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 6, no. 3, pp. 535–549, Sep. 2024.
[9] Prabjit, C. V. Salim, A. Kusumawardhani, and W. Gunadi, “The Influence of Service Quality, Perceived Value, Customer Satisfaction and Brand Trust towards Customer Loyalty in Subscription Video on Demand,” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), vol. 4, no. 4, pp. 10868–0882, 2021, doi: 10.33258/birci.v4i4.3140.
[10] Supyati, A. Nahrumi, and R. G. Suyatna, “Pengaruh Strategi Digital Marketing dan Costumer Trust Terhadap Kepuasaan Pelanggan E-commerce Tiktok Shop,” Jurnal Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 1, pp. 71–78, 2025.
[11] N. Cahyono and J. N. U. Jaya, “Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Classroom Pada Pembelajaran di Masa Pandemic Covid-19 menggunakan Metode Pieces,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 3, pp. 300–305, Apr. 2022, doi: 10.47065/josh.v3i3.1542.
[12] C. Wulandari, Elmayanti, and Y. Citra, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi GRAB Kota Lubuklinggau Menggunakan Framework PIECES,” Jurnal Tekonologi Informasi Muara, vol. 12, no. 02, pp. 118–30, Dec. 2020.
[13] V. V. Lalujan and Y. Rahardja, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan E-Wallet DANA Menggunakan Metode PIECES,” Journal of Information Technology Ampera, vol. 4, no. 3, pp. 2774–2121, 2023, [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-ita/index
[14] I. G. A. P. D. Arishanti, A. A. I. I. Paramitha, and I. G. A. P. D. Putri, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Go bali Gas Meggunakan Metode PECES Framework,” Jurnal TEKINKOM, vol. 7, no. 1, pp. 80–89, Jun. 2024, doi: 10.37600/tekinkom.v7i1.1144.
[15] F. Suroso, C. A. Firdausya, M. N. Abiyyu, and R. Ad’ha, “Penerapan PIECES Framework dalam Analisis Kepuasan Pengguna ShopeeFood,” Journal of Manufacturing and Enterprise Information System, vol. 1, no. 2, pp. 96–102, Dec. 2023, doi: 10.52330/jmeis.v1i2.185.
[16] V. L. Bianto and J. I. Sitohang, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi Dengan Pieces Framework,” Cogito Smart Journal, vol. 8, no. 2, Dec. 2022.
[17] Z. S. K. Harefa and A. J. Wahidin, “Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi BLIBLI,” Jurnal Komisi (Komputer dan Sistem Informasi), vol. 1, no. 2, pp. 49–58, Feb. 2024, [Online]. Available: https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/index
[18] M. Indrayani, A. A. Jabar, and Z. Sitorus, “Analysis Of Teachers’ Satisfaction Level As Users Of The e-Rapor Application Using The PIECES Framework Method (Case Study: SMK Swasta Panca Budi Medan),” International Journal of Computer Sciences and Mathematics Engineering, vol. 2, no. 2, pp. 313–322, 2023.
[19] A. M. N. Fauzi, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Kearsipan Meggunakan System Usability Scale Dan PIECES Framework,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 7, no. 1, pp. 231–239, Mar. 2022.
[20] F. Suroso, M. R. Fahrian, and A. Fauzan, “Audit Sistem Informasi Dampak Kepuasan Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Pieces Framework,” Journal of Manufacturing and Enterprise Information System, vol. 2, no. 2, pp. 8–17, Oct. 2024, doi: 10.52330/jmeis.v2i2.358.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CC BY-SA 4.0
Attribution-ShareAlike 4.0
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.
