Respon Produksi Pare (Momordhica charantia L) Akibat Konsentrasi dan Interval Pemberian Pupuk Organik Cair Limbah Tahu

Production Response of Bitter Gourd (Momordhica charantia L) Due to Concentration and Interval of Application of Liquid Organic Fertilizer from Tofu Waste

  • Welliam Anderiani Welliam Mahasiswa
Keywords: Pare, Limbah Cair Tahu, Konsentrasi dan Interval

Abstract

            Pare (Momordhica charantia L) merupakan salah satu tanaman holtikultura, peminat pare mulai semarak diminati dengan munculnya hasil- hasil penelitian tentang potensi tanaman tersebut. Pare memiliki nilai nutrisi yang tinggi diantaranya sebagai protein, karbohidrat, dan berbagai vitamin dan mineral serta berbagai kandungan obat. Salah satu upaya peningkatan hasil tanaman pare yaitu dengan menggunakan pupuk organik cair. Limbah cair tahu adalah satu jenis pupuk organik yang berperan dalam memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Limbah cair tahu dapat dijadikan pupuk organik cair karena mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

            Tujuan Penelitian untuk mengetahui respon dan interaksi kosentrasi dan interval POC limbah tahu yang memberikan pengaruh yang terbaik terhadap produksi pare. Penelitian  dilaksanakan dikebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning Jl. Yos Sudarso. Km 08 Pekanbaru dengan ketinggian tempat 16 meter dari permukaan laut, serta  topografi datar dan jenis tanah podsolik merah kuning (PMK). Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari bulan Oktober sampai Desember 2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL)  Faktorial yang terdiri dari dua  faktor dan 3 ulangan, Faktor pertama adalah Kosentrasi pemberian pupuk organik cair limbah tahu (K) dan interval pemberian pupuk organik cair limbah tahu (P). Data hasil pengamatan dianalisa secara statistik dengan menggunakan Sidik Ragam. F hitung lebih besar atau sama dengan F tabel 5 %, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5 %. Aplikasi kosentrasi pemberian pupuk organik cair limbah tahu berpengaruh nyata secara tunggal pada  parameter diameter buah, panjang buah dan interval pemberian pupuk organik cair limbah tahu berpengaruh nyata Pada parameter diameter buah, panjang buah, berat buah /buah dan berat buah/ tanaman dan jumlah buah/ plot secara tunggal namun interaksi kosentrasi dan interval pemberian pupuk organik cair limbah tahu berpengaruh nyata terhadap diameter buah.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times