Aplikasi Pupuk Kompos Kobasu dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L )

  • rizal Muhammad Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kakao, kobasu, NPK

Abstract

 Kakao (Theobroma cacao. L) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang strategis di Indonesia. Tanaman kakao memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena bijinya dapat menghasilkan bubuk kakao serta produk-produk ekstrasi melalui proses fermentasi sehingga memperoleh bahan mentah yang di pakai untuk industri makanan seperti susu, coklat, permen, industry farmasi dan kosmetik, sehingga kakao mempunyai peranan dalam perkembangnya sektor agroindustri.

Jenis tanah di Riau didominasi jenis podzolik merah kuning (PMK), yang merupakan lahan marginal dengan produktifitas rendah minim bahan organik dan rentan mengalami kerusakan. Menggunakan tanah PMK untuk media tanam perlu memperhatikan jenis pupuk yang digunakan  Pupuk organik yang digunakan yaitu pupuk Kobasu merupakan pupuk kompos hasil permentasi bank sampah unilak keunggulannya  menggunakan bahan tambahan Azolla makrophyla yang kaya nitrogen sedangkan pupuk Anorganik yang digunakan NPK Mutiara.

Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, yang terdiri dari dua faktor yaitu K (Pupuk Kompos Kobasu) terdiri dari 3 taraf, dan faktor N (Pupuk NPK) terdiri dari 3 taraf, dan masing-masing ada 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisis of variensi dan uji lanjut Duncant Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Pupuk Kompos Kobasu dan Pupuk NPK berpengaruh nyata untuk semua parameter, dosis terbaik terlihat pada perlakuan K2N2 yakni 40 gr/tanaman kompus Kobasu dan  4 gr/tanaman pupuk NPK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times