INTERAKSI PEMBERIAN BERBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN PUPUK ORGANIK CAIR RUMPUT LAUT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PARE (Momordica charantia L )

INTERAKSI PEMBERIAN BERBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN PUPUK ORGANIK CAIR RUMPUT LAUT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PARE (Momordica charantia L )

  • Sri wahyu indah cahyani.w sri wahyu Universitas lancang kuning
Keywords: Kata kunci : Arang Sekam, Pupuk Organik Cair Rumput Laut, Pupuk Kandang Ayam,Pare

Abstract

Pare (Momordica charantia L) merupakan jenis tanamansayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah pare memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuknyaberbintil-bintil dan memiliki ras yang pahit. Akan tetapidibalik rasanya yang pahit mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh, seperti mengendalikan gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mataTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhdan mendapatkan interaksi yang terbaik pemberian berbagaicampuran media tanam dan pupuk organik cair rumput lautterhadap pertumbuhan dan produksi Tanaman Pare(Momordica charantia L).Penelitian ini di laksanakan secara eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial, yang terdiri dari dua factor yaitu M(Berbagai Campuran Media Tanam). Terdiri dari 3 taraf , dan faktor R (Pupuk Organik Cair (POC) Rumput Lautterdiri dari 3 taraf , dan masing-masing ada 3 ulangan, Jumlah satuan percobaan sebanyak 27 plot, setiap plot terdiri dari 4 tanaman dan 2 tanaman sebagai sampel, sehingga keseluruhan tanaman adalah 27 x 4 = 108 tanaman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan pemberian interaksi Pupuk Organik Cair Rumput Laut dan Berbagai Campuran Media Tanam berpengaruh nyata pada semua parameter yaitu diameter batang, umur berbunga,  jumlah buah, panjang buah, dan berat buah per tanaman. Dosis perlakuan M1R2 (pemberian Campuran Media Tanam Pupuk Kandang Ayam + Tanah dan POC Rumput Laut 40 ml/L) memberikan hasil terbaikterhadap diameter batang, umur berbunga,  jumlah buah, panjang buah, dan berat buah per tanaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times pdf downloaded = 1 times