Aplikasi Kascing Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum)

  • seprita Lidar Universitas Lancang Kuning
  • Indra purnama Universitas Lancang Kuning
  • vonny indah sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Aplikasi, kascing, jahe merah

Abstract

Kascing adalah bekas media pemeliharaan cacing tanah beserta casting atau kotoran cacing tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk karena merupakan bahan organik yang dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, karena mengandung  unsur hara C, N, P, K, Ca, Mg, S sebagai unsur hara makro dan Fe, Mn, Al, Na, Cu, Zn, Bo sebagai unsur hara mikro yang tersedia bagi tanaman, selain itu kascing juga mengandung hormon pengatur tumbuh seperti giberalin, sitokinin dan auksin, sehingga aplikasi kascing pada tanaman jahe merah dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi. Tetapi pada dosis berapa yang memberi pengaruh terbaik terhadap tanaman jahe merah.

Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan, setiap plot percobaan terdapat 4 tanaman. Perlakuan adalah K0 (tanpa kascing), K1(pemberian kascing 37,5 gram/tanaman), K2 (pemberian kascing 75 gram/tanaman), K3 (pemberian kascing 112,5 gram/tanaman), K4 (pemberian kascing 150 gram/tanaman). Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam, jika F hitung ≥ F tabel 5%, dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT taraf 5%.

Aplikasi pupuk kascing berpengaruh nyata terhadap panjang daun, lebar daun, jumlah anakan/rumpun, panjang rimpang dan berat rimpang tanaman/rumpun jahe merah, dengan dosis terbaik 150 gram/polybag

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-11
Abstract viewed = 164 times
PDF downloaded = 260 times