PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH TUNAS BANGSA KOTA PEKANBARU
Keywords:
kinerja guru, kepemimpinan, supervisiAbstract
Tujuan kajian ini bermaksud menentukan bagaimana kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah memengaruhi kinerja guru Sekolah Tunas Bangsa baik. Kajian ini melibatkan 25 guru dari Sekolah Tunas Bangsa Kota Pekanbaru. Peneliti menggunakan metode pengambilan sampel jenuh/sensus guna mendapatkan sampel penelitian. Data yang didapat melalui penyebaran angket pada guru-guru di Sekolah Tunas Bangsa Kota Pekanbaru dan diolah menjadi data primer. Metode analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah Partial Least Square (PLS). Dari Kajian ini disimpulkan, kinerja guru Sekolah Tunas Bangsa Kota Pekanbaru dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah baik secara sendiri maupun bersama-sama.
