PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PEKANBARU

  • Agusminarti D Universitas Negeri Padang
Keywords: pembelajaran kooperatif, Team Games Tournament, LKS

Abstract

Studi ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas biologis dan kompetensi. siswaPenelitian ini dilakukan di semester pertama tahun ajaran / 2012 2013 di kelas di sman pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di dua siklus, tiap siklus terdiri dari satu tahap perencanaan: pelaksanaan pengamatan, dan refleksi.Data dikumpulkan melalui observasi lembar compeled oleh para pengamat dan data yang diberikan hasil belajar pada akhir dari siklus.Lembar observasi digunakan untuk menentukan kegiatan dan kompetensi mahasiswa selama pembelajaran berlangsung.Aktivitas data siswa dianalisis dengan menggunakan persentase siswa yang terlibat dalam setiap pertemuan.Hasil analisis data siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan dan kompetensi. kegiatan belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, 2004. Learning To Teach. Mc Grow Hill. Boston Burr Ridge.
DeVries, DL, Slavin. 1978. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, (online) www.google.co.id. Diakses 8/09/2013
Prestasiherfen. 2008. Hakikat Biologi Sebagai Ilmu, (online) http://www.docstoc.com/docs/1991506/53-BIOLOGI-SMA. Diakses 8/09/20013
Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi dalam Belajar, Rosdakarya, Bandung.
Raharja, H. 2006. Pembelajaran Ekosistem Di Taman Sekolah, (online) http://re-searchengines.com/0306hidayat2.html . Diakses 10/09/20013.
Ratumanan, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Unesa University Press. Surabaya
Sardiman, 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pres, Jakarta
Siegel, S. 1992. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial, Gramedia, Jakarta.
Slameto, 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Slavin, E. 2005. CooperatifLearning Theory, Research, And Practice Second Edition. Allyn and Bacon. Boston London Toronto Sydney Tokyo Singapura : USA.
Slavin, E. 1995. Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) (online) http://ipotes.wordpress.com/page/3/. Diakses 10/09/20013.
Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sunarto. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jenis Team Games Tournament Dengan Teka-Teki Silang Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa MTsN. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.7, No.2, Juli 2012.
Syah, M. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Stevenson, John. 1991. Competency Based Training in Australia: an Analysis of Assumption. Sydney : Jurnal The National Training Board.http://www.portalhr.com/majalah/edisisebelumnya/strategi/1id198.htm.
Sanjaya, W. 2008.Strategi Pembelajaran, Kencana, Jakarta.
Sudiran, 20012, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkal Susu. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN 2252-732
Published
2019-04-25
How to Cite
D, A. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PEKANBARU. Bio-Lectura, 6(1), 60-72. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/2693
Section
Article
Abstract viewed = 4 times
Agusminarti downloaded = 4 times