PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUT SIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

  • Rikizaputra Rikizaputra
  • Neneng Ariyani
Keywords: Kata Kunci : Pemebelajaran kooperatif tipe inside out side circle , penguasaan konsep, sistem ekskresi manusia

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif  tipe IOC terhadap penguasaan konsep siswa  pada  materi sistem  ekskresi  manusia. Penelitian  ini dilaksanakan di  kelas XI IPA SMAN 1 Bunga Raya  pada  bulan Maret  2014. Penelitian ini  menggunakan kuasi eksperimen  nonequivalent  Groups Pretest  Posttest  Design. Sampel penelitian siswa  kelas XI IPA1 dan XI IPA2 dengan  teknik  pengambilan Total  Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretestposttest  dan lembar observasi. Teknik  analisis data dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-gain  kelas eksperimen 0.56 (sedang) sedangkan kelas kontrol 0.31 (sedang). Dari hasil uji-t terdapat  perbedaan  yang singnifikan antara kelas  kontrol dan eksperimen. Rerata aktifitas siswa kelas eksperimen pertemuan I 91,53%, II 96,92% dan kelas kontrol  pertemuan  I  65,38%, II  80%.  Rerata  aktifitas guru  kelas  eksperimen dan  kontrol  pertemuan I 100%, II 100%. Dengan demikian dapat  disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe IOC berpengaruh  terhadap penguasaan  konsep siswa  pada  materi sistem  ekskresi  manusia  dikelas XI IPA SMAN 1 Bunga Raya Kabupaten Siak tahun ajaran 2013/2014.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-25
How to Cite
Rikizaputra, R., & Ariyani, N. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUT SIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 163-173. https://doi.org/10.31849/bl.v2i2.326
Section
Article
Abstract viewed = 294 times
Rikizaputra pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2