THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY AND RETENTION TOWARDS LEARNING ACHIEVEMENT REMEDIAL ON MATERI SKELETON SYSTEM IN CLASS VIII SMP NEGERI 30 PEKANBARU ACADEMIC YEAR 2018/2019

  • Rikizaputra Rikizaputra Universitas Lancang Kuning
  • Kumala Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kecemasan, retensi, hasil belajar remedial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial di kelas VIII SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang diambil sebanyak 69 siswa dengan teknik Perposive  sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal yang  terdiri dari  30 pernyataan kecemasan dan 30 soal retensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial dengan korelasi Uji nilai signifikan koefisien korelasi ganda Fhitung = 15,76 dan Ftabel = 3,14, maka Fh (15,76) > Ft (3,14) maka tolak H0 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial di kelas VIII SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019.         

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Roskadarya: Bandung.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Praktik, Rineka Cipta: Jakarta.
Hartono, S,B. (2013). Psikologi Konseling. Kencana Prenada Medan Group: Jakarta.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam sertifikasi Guru. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Marpaung R., Agustin. (2013). Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kejaksaan Tinggi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pmebangunan, Nomor 8. Vol 3. Hal 141-164.
Abdurahman , M, Muhidin, S. A. (2007). Analisis Korelasi, Regrasi dan jalur Penelitian. Pustaka Setia: Bandung.
Sugihartono. (2011). Psikologi Pendidikan. Edisi Pertama. UNY Press: Yogyakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta.
Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Raja Grifindo Persada: Jakarta.
Published
2019-04-25
How to Cite
Rikizaputra, R., & Sari, K. (2019). THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY AND RETENTION TOWARDS LEARNING ACHIEVEMENT REMEDIAL ON MATERI SKELETON SYSTEM IN CLASS VIII SMP NEGERI 30 PEKANBARU ACADEMIC YEAR 2018/2019. Bio-Lectura, 6(1), 78-86. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/2696
Section
Article