PENGARUH GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU

  • Riki Zaputra Universitas Lancang Kuning
  • Ira Lestari Universitas Lancang Kuning
Keywords: group investigation, jelajah alam sekitar, hasil belajar, plantae

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang terkesan sulit dan membosankan bagi para siswa, apalagi jika dalam proses pembelajarn tidak menggunakan model ataupun pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap hasil belajar siswa pada materi Plantae. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018 sampai 3 Desember 2018 di SMA Negeri 16 Pekanbaru semester ganjil pada tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 dengan jumlah siswa 74 orang, yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan independent 2 sample t-test. Rerata N-gain pada kelas kontrol 0,52 dengan (kategori sedang) dan pada kelas eksperimen 0,67 (kategori sedang). Hasil uji-t N-gain menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Plantae

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta : Jakarta.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Bumi aksara : Jakarta.

Aryulina D, Muslim C, dan Syalfinah Manaf. (2007). Biologi 1 SMA dan MA Untuk Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Brainly. (2014). Siklus Hidup Gymnospermae [online]. Tersedia https://brainly.co.id/tugas/48288 [16 Oktober 2018].

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta.

Djamarah & Zein, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta : Jakarta.

Faujiah, Suhada, dan Hartati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Vol 7. No 1[1-12].

Frankel & Wallen. (1993). How to Desaign and Evaluate Researc In Education : McGRAW-HIL. Singapure.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara : Jakarta.

Hasmiati. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan Dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Vol 5. No 1 [21-33].

Janawi. (2013). Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Ombak : Yogyakarta.

Jumiati, Mariana, dan Marta Dinata. (2016). Penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar Berbasis Praktikum terhadap Penguasaan Konsep pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhandan Ekologi Tumbuhan Di FKIP Universitas Lancang Kuning. Vol 3. No 2 [106-116].

Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Mathematics Prepartion and Conceptual Learning Gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretes Scores”. American Journal of Physics. 70(7).


Nurjanah S, Suratno, dan Sulifah. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dengan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi TP 2011/2012. Vol 3 No 1 [1-14].

Ridlo, S. (2005). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengembangna Kurikulum dan Desain Inovasi Pembelajaran. JurusanBiologiF MIPAUNNES : Semarang.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Sari, NM dan Eurika, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Vol 1. No 1 [29-41].

Sasrawan, H. (2014). Kingdom Plantae [online]. Tersedia http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/04/kingdom-plantae-artikel-lengkap.html (11 November 2018).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta.

Slavin. (2005). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Nusa Media : Bandung.

Sudirman. (2007). Aktivitas Belajar. Sinar Baru Alensindo : Bandung.

Sudjana, N. (2005). Media Pengajaran. Sinar Baru : Bandung.

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru : Bandung.

Sugiyono. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung .

Susanto. (2013). Reproduksi Gymnospermae dan Angiospemae [online]. Tersedia http://kumpulan-perbedaan.blogspot.com/2013/08/reproduksi-gymnospermae-dan-angiospermae.html [16 Oktober 2018].

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Pustaka Setia : Bandung.

Trianto. (2010). Model pembelajaran Inovatif. Gramedia : Jakarta.

Wikipedia. (2004). Bunga [online]. Tersedia https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga (16 Oktober 2018).

Wulandari, A. (2010). Metode Penelitian [online]. Tersedia http://www. Trinoval. web.id.200/04/jenis-uji-statisti.html (30 September 2018).

Yamin, M. (2007). Paradigma Pendidikan Konstruktivisik. Gaung Persada Pers : Jakarta.

Yasa, D. (2008). Prestasi dan Aktivitas Belajar. Bumi Aksara : Jakarta
Published
2019-10-25
How to Cite
Zaputra, R., & Lestari, I. (2019). PENGARUH GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 134-139. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3569
Section
Article
Abstract viewed = 436 times
PDF downloaded = 425 times