META-ANALISIS: VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS MODUL IPA BERBASIS SAINTIFIK

  • Riki Zaputra Universitas Lancang Kuning
  • Festiyed Festiyed Universitas Negerei Padang
  • Yuni Adha Universitas Negeri Padang
  • Yerimadesi Yerimadesi Universitas Negeri Padang
Keywords: Meta-analisis, saintifik, modul, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas dan praktikalitas pengembangan modul IPA berbasis saintifik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Data dikumpulkan dengan acara mencari artikel jurnal dari internet. Sampel yang digunakan sebanyak 20 artikel terkait dengan pengembangan modul IPA berbasis saintifik. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat validitas  pengembangan modul IPA berbasis saintifik pada aspaspek isi 0,86 kategori valid, apek penyajian  0,88 kategori valid, aspek bahasa 0,87 kategori valid, aspek grafic 0,86 kategori valid. Tingkat kepraktisan guru 0,86 kategori sangat tinggi dan praktikalitas aspek siswa 0,85 kategori tinggi. Modul IPA berbasis saintifik yang dikembangkan dapat dikategorikan sebagai valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimadona S & Silvina R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Zat Adiktif Dan Psikotropika Berbasis Scientific Approach Dengan Crossword Puzzle. Jipva (Jurnal Pendidikan IPA Veteran). Volume 3 - Nomor 1, 2019.

Agusti D., Rahmatan H., Sulastri. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Reproduksi Berazaskan Al-Quran/Hadis Untuk Meningkatkan motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. EDUSAINS, 11(1), 2019, 132—140.

Alwi A.M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Tahun 5, Nomor 1 Juli 2018.

Asmiyunda.,Guspatni.,Azra F. (2018). (Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. JEP Volume 2 Nomor 2 November 2018.

Aulia M dan Kosim K. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Optik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMA . Jurnal Pijar MIPA Vol 12 No 2.

Azwar, S. (2015). Reabilitas dan Validitas Edisi IV, Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boslaugh, sarah, dan Watters P.A. (2008). Statistics in a Nutshell, a Desktop Quick Referance”. United state of America: O’Reilley Media, Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dewi I.S. ,Sunarno W.,Dwiastuti S. (2019). Pengembangan Modul IPA Berbasis Saintifik Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 8, No. 2, 2019 (hal 186-197).

Djamarah, B.S dan A. Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernica S.Y. dan Hardeli. (2019). Validitas Dan Praktikalitas E-Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik. Ranah Research Journal of Multidisiplinary Research and Depelopment.

Jannah W dan Elizar. (2018). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting untuk Kelas XI SMA/ MA. Menara Ilmu Vol. XII. No.12, oktober 2018

.

Kliyanti S.M.,Nengsih R.,Yulianti E. (2018). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas X SMA/MA Sederajat . Biocolony Vol. 1 No. 2, Desember 2018. Hal: 34-39.

Kurniawan G., Azrita., Muhar N. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 5.

Marera A. (2019). Development Of Biology Learning Module Based On Scientific Approach On Respiratory System Topic In Senior High School. Jurnal Al-Ahya Volume 1 Nomor 3 Oktober 2019.

Muhafid E.A., Suparmi & Sunarno W. (2017). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Saintifik Pada Tema Polusi Udara Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Di SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol. 6, No. 2, (hal 83-96)

Natalina M.,Syafi’i.,W.,Heryen S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Biogenesis Vol. 13 (1): 141 – 148, 2016.

Prawita W.,Prayitno B.A.,, Sugiyarto. (2019). Effectiveness of a Generative Learning-Based Biology Module to Improve the Analytical Thinking Skills of the Students with High and Low Reading Motivation. International Journal of Instruction. January 2019 . Vol.12, No.1.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmatiah. (2014). Mengasah Kreativitas dengan IPA Terpadu. Sulawesi Selatan: Artikel EBuletin LPMP Sulsel ISSN 2355- 3189.

Rosana, D. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari Y.P and Gazali F. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Hukum-Hukum Dasar Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing Prompting untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Edukimia Journal e-ISSN: 2502-6399.

Sapitri D., Ardi.,Leilani I. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Glosarium Tentang Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Untuk Peserta Didik Kelas VIII. Journal Biosains Volume 1 Nomor 2 2017.

Setiyadi M.W., Ismail.,Gani A.H.(2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017 Hal. 102- 112.

Sumiati E.,,Septian D., Faizah F. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan. Vol 4, No 2.

Suciana D dan Ellizar. (2019). Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing Prompting Untuk Kelas XI SMA/MA. Edukimia Vol 1.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan, Prinsip, dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiati E.,Septian D.,F. Faizah. (2018)..Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4 (2), 2018, 75-88.

Sungkono.(2003). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yani A.,Tahmir S., Muhiddin. (2019). Developing Scientific Approach Based Learning Module In Plantae Concept. ResearchGate

Yerimadesi.,Bayharti.,Handayani F.,Legi W.F. (2016). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Journal of Sainstek. ISSN:2085-8019. Published by Association of Mathematics Science Education and Technology State Institute of Islamic Studies (AMSET-IAIN) Batusangkar.

Published
2021-04-21
How to Cite
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). META-ANALISIS: VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS MODUL IPA BERBASIS SAINTIFIK. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45-56. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039
Section
Article
Abstract viewed = 1083 times
PDF downloaded = 2096 times