PENGGUNAAN STRATEGI KWL DALAM MODEL SQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN

  • Arlian Firda Universitas Lancang Kuning
  • Siti Fatmawati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Strategi KWL, SQ4R, hasil belajar siswa, pelestarian lingkungan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah saat pembelajaran pelestarian lingkungan siswa kurang minat membaca, siswa kurang aktif dalam proses belajar, kurang tepatnya guru menggunakan strategi dan model pembelajaran hingga rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi KWL dalam Model SQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pelestarian Lingkungan Kelas X SMAN16. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan April 2018. Penelitian ini menggunakan desain pretest – posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X.1 dan X.2 dengan jumlah masing-masing 37 siswa yang diambil secara keseluruhan. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi siswa dan guru. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,57 termasuk kategori sedang. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,34 temasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil N-Gain maka diperoleh data yang berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi KWL dalam model SQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi Pelestarian Lingkungan kelas X SMAN16.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta

Arsyad, A.(2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers : Jakarta

Aryani, S., Samadhy, U., Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas IVa SDN Sekaran 01 Semarang. Journal of Elementary Education 1 (1) Hal : 62-70

Asrori, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Wacana Prima : Bandung

Carr, E. & Ogle, D. (1987). K-W-L Plus: A Strategy for Comprehension and Summarization. Journal of Reading, 30 (7), 626-631. Diperoleh 16 November 2017, dari http://eric.ed.gov/ERICWebPortal.
Darmawan, I.P.A dan Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Jurnal Setya Widya, Vol. 29 No. 1 Hal : 30-39

Dewi, N.P.W.C., Sudiana, I. N., Darmayanti, I.A.M. (2014). Penerapan Strategi KWL (Know, Want Toknow, Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa di Kelas VII D SMP NEGERI 1 SAWAN. Jurnal Pendidikan,Vol. 2 No. 1 Hal : 1-11

Erfin. (2016). Strategi KWL Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Guru,Vol. 20 No. 2Hal : 41-49

Fraenkel, J.R dan Wallen, N.E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Companies, Inc : New York

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran.Bumi Aksara : Jakarta

Harsono, A.S.R., Fuady, A., Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (KWL) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Smp Negeri di Temanggung. Kota Temanggung. Jurnal Penelitian Bahasa, Vol. 1 No. 1 Hal : 53-64

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal ilmiah, Vol. 04 No. 01 Hal : 42-52

Jatmiko, D.D.H. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dan SQ4R Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Gammath, Vol. 2 No. 1 Hal : 162-175

Lugtyastyono. (2017). Pencemaran Lingkungan dan Daur Limbah. [online]. Tersedia https://biologiklaten.wordpress.com/bab-11-pencemaran-dan-daur-limbah-x/.[ 16 November 2017]
Meltzer, D.E. (2002).The relationship between mathematics preparation and conceptuallearning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnosticpretest scores.American Journal of Physics, Vol. 70, No. 12
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo : Banjarmasin

Purwanto, Ngalim, (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya : Bandung

Rahayu, P.I.W., Zulaikha, S., Negara, IG.A.O. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD, Vol. 2 No. 1

Rasjid, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Biotek, Vol. 3 No. 1Hal : 170 -183

Sabri, A. (2010). Psikologi Pendidikan. Pedoman Ilmu Jaya : Jakarta

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Ramaja Rosdakarya : Bandung

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka : Sidoarjo

Ulfi. (2010). Model Pembelajaran SQ4R. [online]. Tersedia pada http://mahasiswajenius.blogspot.com/2012/06/metode-membaca-sq4r.html. [16 November 2017]
Published
2019-10-25
How to Cite
Firda, A., & Fatmawati, S. (2019). PENGGUNAAN STRATEGI KWL DALAM MODEL SQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN . Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 148-159. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3571
Section
Article
Abstract viewed = 175 times
PDF downloaded = 144 times