PENGGUNAAN STRATEGI KWL DALAM MODEL SQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah saat pembelajaran pelestarian lingkungan siswa kurang minat membaca, siswa kurang aktif dalam proses belajar, kurang tepatnya guru menggunakan strategi dan model pembelajaran hingga rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi KWL dalam Model SQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pelestarian Lingkungan Kelas X SMAN16. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan April 2018. Penelitian ini menggunakan desain pretest – posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X.1 dan X.2 dengan jumlah masing-masing 37 siswa yang diambil secara keseluruhan. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi siswa dan guru. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,57 termasuk kategori sedang. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,34 temasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil N-Gain maka diperoleh data yang berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi KWL dalam model SQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi Pelestarian Lingkungan kelas X SMAN16.
Downloads
References
Arsyad, A.(2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers : Jakarta
Aryani, S., Samadhy, U., Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas IVa SDN Sekaran 01 Semarang. Journal of Elementary Education 1 (1) Hal : 62-70
Asrori, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Wacana Prima : Bandung
Carr, E. & Ogle, D. (1987). K-W-L Plus: A Strategy for Comprehension and Summarization. Journal of Reading, 30 (7), 626-631. Diperoleh 16 November 2017, dari http://eric.ed.gov/ERICWebPortal.
Darmawan, I.P.A dan Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Jurnal Setya Widya, Vol. 29 No. 1 Hal : 30-39
Dewi, N.P.W.C., Sudiana, I. N., Darmayanti, I.A.M. (2014). Penerapan Strategi KWL (Know, Want Toknow, Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa di Kelas VII D SMP NEGERI 1 SAWAN. Jurnal Pendidikan,Vol. 2 No. 1 Hal : 1-11
Erfin. (2016). Strategi KWL Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Guru,Vol. 20 No. 2Hal : 41-49
Fraenkel, J.R dan Wallen, N.E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Companies, Inc : New York
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran.Bumi Aksara : Jakarta
Harsono, A.S.R., Fuady, A., Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (KWL) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Smp Negeri di Temanggung. Kota Temanggung. Jurnal Penelitian Bahasa, Vol. 1 No. 1 Hal : 53-64
Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal ilmiah, Vol. 04 No. 01 Hal : 42-52
Jatmiko, D.D.H. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dan SQ4R Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Gammath, Vol. 2 No. 1 Hal : 162-175
Lugtyastyono. (2017). Pencemaran Lingkungan dan Daur Limbah. [online]. Tersedia https://biologiklaten.wordpress.com/bab-11-pencemaran-dan-daur-limbah-x/.[ 16 November 2017]
Meltzer, D.E. (2002).The relationship between mathematics preparation and conceptuallearning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnosticpretest scores.American Journal of Physics, Vol. 70, No. 12
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo : Banjarmasin
Purwanto, Ngalim, (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya : Bandung
Rahayu, P.I.W., Zulaikha, S., Negara, IG.A.O. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD, Vol. 2 No. 1
Rasjid, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Biotek, Vol. 3 No. 1Hal : 170 -183
Sabri, A. (2010). Psikologi Pendidikan. Pedoman Ilmu Jaya : Jakarta
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Ramaja Rosdakarya : Bandung
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka : Sidoarjo
Ulfi. (2010). Model Pembelajaran SQ4R. [online]. Tersedia pada http://mahasiswajenius.blogspot.com/2012/06/metode-membaca-sq4r.html. [16 November 2017]
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.