ANALISA EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Haning Hasbiyati Universitas Islam Jember
Keywords: Efektifitas, Media Smartphone, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas penerapan media pembelajaran berbasis smartphone pada peningkatan hasil belajar biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan analisa data deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mencapai 70% dari ketuntasan klasikal sebesar 70. Berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar diperoleh bahwa penerapan media pembelajaran berbasis smartphone pada pembelajaran Biologi efektif meningkatkan hasil belajar siswa yaitu peningkatan hasil belajar pada subjek A sebesar 22,22 % dan subyek B sebesar 5,55%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E-Book Berekstensi Epub Sebagai Media Pembelajaran. (2017). Jember. Kyai Mojo.
Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class Pada SMPN 4 Pamekasan. (2016). Jurnal Insand Comtech. Vol. 1, No. 1.
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sma Pada Materi Kultur. (2019). Jurnal Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 6, No 1.
Hubungan Antara Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII Smp Da’wah Pekanbaru T.A 2017/2018. (2018). Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 05, No 02.
Pengembangan e-Book Berekstensi epub Pada Pembelajaran IPA SMP. (2016). Jurnal Bioshell. Vol 04, No 01.
Studi Pendahuluan Pengembangan Aplikasi Smartphone Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah. (2016). Jurnal Vidya Karya. Volume 31, Nomor 1.
Published
2020-04-25
How to Cite
Hasbiyati, H. (2020). ANALISA EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 10-14. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4034
Section
Article
Abstract viewed = 1694 times
PDF downloaded = 1673 times

Most read articles by the same author(s)