ANALISA EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas penerapan media pembelajaran berbasis smartphone pada peningkatan hasil belajar biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan analisa data deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mencapai 70% dari ketuntasan klasikal sebesar 70. Berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar diperoleh bahwa penerapan media pembelajaran berbasis smartphone pada pembelajaran Biologi efektif meningkatkan hasil belajar siswa yaitu peningkatan hasil belajar pada subjek A sebesar 22,22 % dan subyek B sebesar 5,55%.
Downloads
References
Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class Pada SMPN 4 Pamekasan. (2016). Jurnal Insand Comtech. Vol. 1, No. 1.
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sma Pada Materi Kultur. (2019). Jurnal Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 6, No 1.
Hubungan Antara Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII Smp Da’wah Pekanbaru T.A 2017/2018. (2018). Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 05, No 02.
Pengembangan e-Book Berekstensi epub Pada Pembelajaran IPA SMP. (2016). Jurnal Bioshell. Vol 04, No 01.
Studi Pendahuluan Pengembangan Aplikasi Smartphone Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah. (2016). Jurnal Vidya Karya. Volume 31, Nomor 1.
Copyright (c) 2020 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.