ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP COVID-19 BERDASARKAN MATERI YANG RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Rhavy Ferdyan Universitas Negeri Padang
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang
Keywords: COVID-19, Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi sains, Materi Biologi

Abstract

Pendidikan sangat berperan penting dalam memfasilitasi siswa dalam memahami konsep dari peristiwa yang belakangan muncul seperti pandemi COVID-19. Peran pendidikan secara penuh adalah dalam menuntun siswa untuk mendapatkan informasi mengenai COVID-19 salah satunya melalui pembelajaran biologi yang memiliki materi relevan dengan COVID-19. Ketersediaan informasi mengenai COVID-19 dan cara menyikapinya ditentukan oleh kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siwa mengenai COVID-19.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMAN 16 Padang. Hasil peneltian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa terhadap COVID-19 berdasarkan materi biologi yang relevan adalah 57,4 dengan kriteria sedang. Sedangkan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa terhadap COVID-19 adalah 60.8% dengan kriteria rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya materi pembelajaran yang mengarahkan dan melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis, karena kedua kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam menjaga keselamatan diri menghadapi pandemi. Sangat diperlukan sebuah rancangan untuk mengembangkan materi pembelajaran biologi untuk meningkatkan kedua kemampuan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-Based Learning and Problem-Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355.

Arsih, F., Zubaidah, S., Suwono, H., & Gofur, A. (2020). Critical thinking skills of prospective biology teachers: A preliminary analysis. AIP Conference Proceedings. AIP Publishing LLC.

Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 115–119.

Elisa, D. (2019). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berbasis Mini Riset Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Berkaitan dengan Rokok. Universitas Negeri Semarang.

Faradillah, A., & Humaira, T. (2021). Mathematical Critical Thinking Skills Senior High School Student Based on Mathematical Resilience and Domicile. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1978–1991.

Ferdyan, R., Lufri, L., & Zulyusri, Z. (2020). Content Analysis and Implementation of Biology Online Learning Materials in SMA/MA/SMK During The COVID-19 Pandemic. Journal of Biology Education, 9(3), 41–348.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Urnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–4.

Ganing, A., Salim, A., & Muslimin, I. (2020). Studi Literatur: Pengetahuan sebagai Salah Satu Faktor Utama Pencegahan Penularan COVID-19. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(1), 55–60.

Hitchcock, D. (2017). Do the fallacies have a place in the teaching of reasoning skills or critical thinking? Springer, Cham: Cham.

Jou, M., Lin, Y.-T., & Wu, D.-W. (2016). Effect of a blended learning environment on student critical thinking and knowledge transformation. Interactive Learning Environments, 24(6), 1131– 1147.

Kominfo. (2020). Laporan Isu HOAX. Jakarta: Kominfo.

Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar bagi Peserta Didik. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109.

Martyn, J., Terwijn, R., Kek, M. Y. C. A., & Huijser, H. (2014). Exploring the relationships between teaching, approaches to learning and critical thinking in a problem-based learning foundation nursing course. Nurse Education Today, 34(5), 829–835.

Mulbar, U., & Bahri, A. (2021). Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1), 120.

Natalia, R. N., Malinti, E., & Elon, Y. (2020). Kesiapsiagaan Remaja Dalam Menghadapi Wabah Covid-19. NHIHC: NANI HASANUDDIN INTERNATIONAL HEALTH CONFERENCE.

OECD. (2015). PISA 2015 Draft mathematics framework. New York: Columbia University Press.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Puspitasari, D., Praherdiono, H., & Adi, E. (2020). Pengembangan Suplemen Augmented Reality Animation Pada Buku Mata Pelajaran Biologi Untuk Penguatan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 29–39.

Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). Improving student collaboration and critical thinking skills through ASICC model learning. Ournal of Physics: Conference Series, 1806(1), 121.

Setyowati, A. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 89–96.

Sidabutar, H., & Hutapea, R. H. (2020). Sikap Kritis Manusia di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, 3(1), 21–31.

Supriyatin, A., Nailul, R., Ichsan, I. Z., Rahman, M. M., & Gomes, P. W. P. (2020). HOTS Analysis to Develop E-Supplement Book Based on Plant Physiology Research. Universal Journal of Educational Research, 8(12), 8461–8466.

Susilo, A. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

Sutiani, A. (2021). Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117–138.

Syakurah, R. A., & Moudy, J. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(3), 333–346.

Weng, C., Otanga, S., Christianto, S. M., & Chu, R. J.-C. (2020). Enhancing Students’ Biology Learning by Using Augmented Reality as a Learning Supplement. Journal of Educational Computing Research, 58(4), 747–770.

Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah DasarPada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(2), 515–519.

Widyaningrum, G. L. (2020). WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? Retrieved June 6, 2020, from National Geographic Indonesia website: https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya

Widyanti, T. (2017). Keterampilan Belajar Abad 21 Untuk Melatih Berpikir Kritis Melalui Sistem Pembelajaran Berbasis ICT. Administrasi Pendidikan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(2), 22–31.

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Azizah, A., Lufri, L., Andromeda, A., & Guspatni, G. (2019). Effectiveness of acid-base modules based on guided discovery learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1), 12151.

Published
2021-10-26
How to Cite
Ferdyan, R., & Arsih, F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP COVID-19 BERDASARKAN MATERI YANG RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 106-118. https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7626
Section
Article
Abstract viewed = 1941 times
PDF downloaded = 1525 times