Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Panduan ini merupakan panduan terbaru yang digunakan mulai tahun 2018. Perubahan panduan dilakukan dengan tujuan untuk mempertajam kualitas artikel hasil penelitian.

(DOWNLOAD PANDUAN JURNAL HUKUM RESPUBLICA)

(DOWNLOAD TEMPLATE JURNAL HUKUM RESPUBLICA)

KETENTUAN UMUM PENULISAN

  1. Font yang digunakan dalam panduan penulisan jurnal hukum Respublica, Arial 12 pt, 1. spasi.
  2. Penulisan judul artikel menggunakan Font Arial, 14 pt, Bold, Centre, Capitalize Each Word dan maksimal 12 kata. Contoh: Gagasan Imunitas Kurator yang Beritikad Baik.
  3. Setelah penulisan judul artikel, dibawahnya ditulis nama penulis. Jarak antara judul dengan nama penulis 2 spasi. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademis, di bawah nama penulis ditulis instansi asal penulis, alamat instansi, dan alamat email penulis.
  4. Jumlah penulis, dapat lebih dari satu orang dengan format penulisan berjajar, dipisahkan oleh tanda koma ( , ). Jika ada penulis penanggung jawab atau penulis korespondensi (corresponding author) harus diberi tanda khusus “ * ”. Pemberian tanda ini dimaksudkan untuk memastikan komunikasi terkait dengan artikel dapat langsung diterima oleh personil yang tepat. Nomor kontak dan alamat email corresponding author ditulis di bagian bawah, rata kiri, pada halaman pertama artikel.
  5. Dalam penulisan nama penulis, jika nama penulis terdiri dari dua kata maka nama pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat baru kemudian diikuti dengan nama akhir (last name). Sebaliknya, jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata maka dalam versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata.
  6. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa, yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penulisan judul abstrak menggunakan bold, sedangkan untuk substansi abstrak ditulis italic, 1 spasi, maksimal 250 kata. Abstrak harus mengandung tujuan penelitian, metode ringkas, hasil utama temuan termasuk fakta-fakta baru, simpulan utama, dan keberartiannya atau implikasi, mengandung semua kata kunci yang akan diindekskan, tidak mencantumkan tabel, ilustrasi, rujukan, singkatan dan akronim yang tidak dijelaskan, tidak memuat informasi atau simpulan yang tidak ada dalam naskah. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris agar jangkauan pembaca akan lebih luas, jangan mengulang judul dalam abstrak. Jika abstrak berbahasa Inggris, secara sederhana gunakan bantuan program di MS Word → ‘Selectall’ bagian abstract → ‘Tools’ → ‘Language’ → pilih ‘English US’ atau ‘UK’ → ‘detect spelling and grammar’ .
  7. Penulisan kata kunci bold, terdiri dari 2-3 kata kunci.
  8. Artikel minimum 18 halaman dan maksimum 20 halaman. Jumlah halaman sudah termasuk gambar dan tabel.
  9. Wikipedia tidak diperkenankan untuk dijadikan sebagai sumber kutipan.
  10. Artikel harus ditulis sesuai template dalam bentuk siap cetak dengan ukuran bidang tulisan A 4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin  bawah 20 mm, dan margin atas 35 mm. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara.

HAK DAN TANGGUNG JAWAB

Dewan redaksi berhak merubah teks artikel ilmiah yang hendak diterbitkan tanpa pemberitahuan kepada penulis, dengan tidak merubah substansi yang dikandungnya. Dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dimuat dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis yang bersangkutan.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.