Peranan Kepala Desa Sungai Gelam dalam Pengelolaan Pasar Desa Sungai Gelam Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi

  • Meri Yarni Fakultas Hukum Universitas Jambi
Keywords: Kepala Desa, Pengelolaan, Pasar Desa

Abstract

Tujuan penelitian untuk menjelaskan peranan kepala desa dalam pengelolaan pasar Desa Sungai Gelam dalam  pengelolaan pasar desa di Desa Sungai Gelam Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.  Metode penelitian bersifat deskriptif-analitis  dengan metode  yuridis-empiris. Hasil penelitian bahwa peranan Kepala Desa Sungai Gelam Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi dalam mengeluarkan suatu kebijakan dalam pengurusan pasar desa  belum dilakukan secara baik dan benar, hal ini terbukti kepala desa belum bisa mengeluarkan suatu bentuk kebijakan  sesuai kewenangannya, sehingga tidak memberikan keuntungan dan pemasukan ke kas desa. Hal ini  dipandang tidak produktif akibat pola pengelolaan yang kurang jelas. Akhirnya pasar desa belum memberi manfaat terhadap peningkatan pendapatan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmini Roza dan Laurensius Arliman S. Peranan Badan Permusyawatan Desa di Dalam Pembangunan Desa dan Pengawasan Keuangan Desa. Jurnal PJIH. Volume 4. Nomor 3. Tahun 2017.

Erni Tisnawati Sule, Kurniwan Saefullah. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Perdana Media Goup.

Hermansyah. Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung (Studi Kasus di Desa Tanah Merah dan Desa Sambungan). eJournal Pemerintahan Integratif. Volume 3. Nomor 2. Tahun 2015.

Inu Kencana Syafiie. 2008. Manajemen Pemerintahan. Jakarta: Perca.

Musfianawati. Peran Kepala Desa Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Melalui Peraturan Desa. Jurnal Rechtens. Volume 4. Nomor 1. Juni 2015.

Okta Hendrik. Peran Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Desa Tanjung Keranjang Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. eJournal Ilmu Pemerintahan. Volume 1. Nomor 2. Tahun 2013.

Sarpin. Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa Studi di Desa Genjor Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, Jurnal Ilmiah Administrasi Negara.

Sirajuddin Saleh dan Hariati, Peran Kepala Desa Sebagai Administrator Pembangunan di Desa Moncongloe Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Jurnal Office. Volume 2. Nomor 2. Tahun 2016.

Soerjono Soekanto. 1992. Hukum Adat Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutoro Eko. 2008. Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Depan Otonomi Desa. Yogyakarta: Institute for Research and Empowermen.

Published
2018-05-11
How to Cite
Yarni, M. (2018). Peranan Kepala Desa Sungai Gelam dalam Pengelolaan Pasar Desa Sungai Gelam Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Hukum Respublica, 17(2), 280-291. https://doi.org/10.31849/respublica.v17i2.2037