Pengaruh Tegangan Sumber Dan Beban Terhadap Tingkat Harmonisa Pada Motor Induksi Tiga Phasa

  • Elvira Zondra Program Studi Teknik Elektro Unilak
  • Abrar Tanjung Program Studi Teknik Elektro Unilak
  • Arlenny . Program Studi Teknik Elektro Unilak
Keywords: Motor Induksi tiga phasa, Harmonisa

Abstract

Motor induksi dikelompokkan ke dalam jenis beban tak linier. Beban tak linier akan menghasilkan suatu harmonisa. Prinsip – prinsip induksi elektromagnetik membuat motor induksi mempunyai sifat kejenuhan atau saturasi, yaitu suatu keadaan di mana pada kondisi tertentu, arus listrik yang dihasilkan tidak sebanding dengan kenaikan tegangan yang diberikan pada motor, dan bahkan akan cenderung tetap.
Harmonisa berpengaruh pada sistem tenaga listrik. Saluran pada jaringan transmisi akan mengalami peningkatan impedansi sehingga meningkatkan rugi-rugi tembaga dan fluks. Pada transformator daya, harmonisa akan menyebabkan peningkatan rugi-rugi besi, arus bocor dan stress pada isolasi. Hal ini akan mengakibatkan pemanasan berlebihan pada transformator daya tersebut. Pada sisi konsumen listrik, pengaruh harmonisa ini adalah menyebabkan peralatan listrik akan bekerja dengan tidak semestinya. Dari sisi konsumen listrik (motor induksi), untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang mempengaruhi tingkat harmonisa yang dihasilkan oleh motor induksi tiga fasa tersebut maka perlu dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat harmonisa (THD) yang dihasilkan akibat pengaruh tegangan masuk yang diberikan pada motor induksi tiga phasa dan menganalisis tingkat harmonisa (THD) yang dihasilkan akibat pengaruh beban pada motor induksi tiga phasa tersebut.
Semakin besar tegangan yang diberikan pada motor induksi tiga phasa, maka semakin turun THDnya. Dimana THD terendah didapatkan pada saat motor diberikan tegangan nominal dari motor induksi tiga phasa tersebut dengan THD tegangan 2% dan THD arus 4,6%. Semakin besar beban yang diberikan pada motor induksi tiga phasa, maka semakin turun THDnya. Dimana THD terendah didapatkan pada saat motor diberikan beban dibawah daya keluar nominal dari motor induksi tiga phasa tersebut dengan THD tegangan 1,9% dan THD arus 2,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A.E.Fitzgerald, Charles Kingsley Jr, Stephen d.Umans, “Mesin-Mesin Listrik” edisi keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1990.
[2] Brag S. Guru “Electric Machinery and transformers”, HBJ Harcourt Brace Jovanovich Publishers Technology publications, 1988.
[3] Daniel Rohi, “Distorsi Harmonisa Pada Pelanggan Domestik Dengan Daya 250 VA _ daya _ 2200 VA”, Jurnal EECCIS Vol. III No. 1 Juni 2009.
[4] David E Johnson, “Electric Circuit Analysis” Prentice Hall Inc, 1992.
[5] Harrij Mukti, “Implementasi Scalar Control Dan
Vector Control Dalam Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa” Jurnal Eltek, Vol 10 Nomor 02, Oktober 2012 Issn 1693-4024
[6]IEEE, 1992, “IEEE Recommended Practices and Requirements Harmonic Control in Electric Power System (IEEE Std 519-1992)”, IEEE Inc, New York, NY 10017-2393, USA.
[7] Jimmie J Cathey, “Electricmachines, Analysis and design applying Matlab”McGraw Hill International Edition, 2001.
[8] Chairul Gagarin Irianto, “Mengurangi Harmonisa Pada Transformator 3 Fasa” jurnal JETri, Volume 7, Nomor 2, Februari 2008, Halaman 53-68, ISSN 1412-0372
[9] M.V.Deshpande,”Electric Motor Aplications and Control” Wheeler,1990.
[10] Paul C.Krause, Oleg Wasynczuk, Scott d.Sudhoff ,2002 “Analysis Of Electric Machinery And Drive Systems”, A John Wiley & Sons, Inc. Publication,
[11] Theodore Wildi, 1991 “Electrical Machines, Drives And Power System”, Prentice Hall International Edition.
Published
2017-01-24
How to Cite
[1]
E. Zondra, A. Tanjung, and A. ., “Pengaruh Tegangan Sumber Dan Beban Terhadap Tingkat Harmonisa Pada Motor Induksi Tiga Phasa”, SainETIn, vol. 1, no. 1, pp. 17-24, Jan. 2017.
Section
Articles
Abstract viewed = 1436 times
pdf downloaded = 0 times