SISTEM KONTROL LAMPU MENGGUNAAN METODE MANUAL & OTOMATIS BERBASIS HANDPHONE

  • David Setiawan Program Studi Teknik Elektro Unilak
Keywords: Lampu, Kontrol, Handphone, Manual, Otomatis

Abstract

Sistem kelistrikan yang umumnya terpasang di rumah masyarakat masih menggunakan kotak kontak untuk menghidup dan mematikannya. Akibat ketergantungan terhadap manusia, menghidupkan dan mematikan lampu akan berdampak pada penggunaan energi listrik yang tidak hemat seperti lampu yang hidup saat konsumen meninggalkan rumahatau kelupaan mematikan peralatan saat terburu-buru berangkat sehingga berdampak pada pembayaran listrik yang bertambah. Kegagalan isolasi pada kontak kontak dapat membahayakan konsumen dari sengatan listrik/ tersentrum. Selain itu, kebiasaan mencari kotak kontak untuk menghidupkan lampu di kegelapan saat pulang kerumah pada malam hari dampat berdampak pada kecelakaan kecil atau kemungkinan kejadian lain yang tidak diinginkan sehingga ketiga permasalahan tersebut menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan sistem kontrol lampu berbasis handphone menggunadakan metode manual seperti kotak kontak atau saklar dan kontrol pada aplikasi yang diinstall pada handphone. Didalam penerepannya, pengguna dapat menghidupkan lampu seperti umumnya yaitu menggunakan kotak kontak atau mengganti kotak kontak tersebut menggunakan saklar DC yang bebas sentrum dan juga dapat dikendalikan menggunakan hanphone untuk menghidupkan dan mematikan bahkan menjadikan sistem otomatis pada lampu yang akan dikontrol. Diharapkan tulisan ini bermanfaat dan dapat dikembangkan lagi menjadi Smart Control Sistem untuk dapat mengontrolperalatan lainnya seperti CCTV, alarm dan sebagainya yang dibutuhkan oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Novianda Fratama, 2013. “ Sistem Telematri Suhu dan Kelembababan Relatif Menggunakan Telepon Cerdas Berbasis Android ( Studi Kasus Digester Anaerobik Sampah Kota)’ Skripsi, Pontianak: Fakultas Teknik, Universitas Tanjungputa.
[2] Junaedi, Iskandar. (2007). Perancangan dan Realisasi Pengaturan Lampu Rumah Tinggal Melalui Saluran Telepon Menggunakan Pengendali Mikro At89c2051r. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Volume 1 No.1 Edisi September 2007.
[3] Kadir, Abdul. (2008). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[4] Dwi Astiyana. (2011). Perancangan Aplikasi Pengendali Lampu Ruangan Berbasis Sms Gateway Dengan Mikrokontroler; [diakses tanggal 16 Desember 2014]. tersedia pada: http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11.1578.pdf
[5] P.Van Harten & E.Setiawan, Ir .(1980). Instalasi Listrik Arus Kuat jilid 2. Jakarta : Bina Cipta.
[6] Tocci, R.J., Widmer, N.S., Moss, G.L. 2007. Digital Systems: Principles and Applications, Tenth Edition, Prentice Hall.
[7] Zulfikar, Zulhelmi dan Khairul Amri. Desain Sistem Kontrol Penyalaan Lampu Dan Perangkat Elektronik Untuk Meniru Keberadaan Penghuni Rumah. Jurnal Nasional Teknik Elektro ISSN: 2302 – 2949, Vol: 5, No. 1, Maret 2016
Published
2017-09-18
How to Cite
[1]
D. Setiawan, “SISTEM KONTROL LAMPU MENGGUNAAN METODE MANUAL & OTOMATIS BERBASIS HANDPHONE”, SainETIn, vol. 1, no. 2, pp. 24-31, Sep. 2017.
Section
Articles
Abstract viewed = 1058 times
pdf downloaded = 0 times