Prakiraan Kebutuhan Energi Listrik Di Kelurahan Sungai Mempura Sebagai Kawasan Ekowisata

  • Usaha Situmeang Prodi Teknik Elektro Unilak
Keywords: Regresi linear, statistik penduduk dan ekonomi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah memprakirakan kebutuhan energi listrik untuk daerah yang dijadikan sebagai kawasan ekowisata khususnya kelurahan Sungai Mempura yang berada di kabupaten Siak Sri Indrapura Riau. Kebutuhan energi listrik selalu dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan masa mendatang. Pertumbuhan penduduk dan perekonomian merupakan pemicu pertumbuhan penggunaan energilistrik. Oleh karena itu, perlu dilakukan prakiraaan kebutuhan energi listrik khususnya di kelurahan Sungai Mempura sebagai kawasan ekowisata. Teknik membuat perkiraan energi listrik umumnya mengacu kepada statistic masa lalu. Untuk itu diperlukan sebuah metoda dalam memprakirakan kebutuhan energi listrik, dimana pada penelitian ini metoda yang dipergunakan adalah regresi linear. Dari hasil penelitian ini diperoleh prakiraan kebutuhan energi listrik di kelurahan Sungai Mempura Siak Sri Indrapura Riau sebesar 3.129.236 kWh pada tahun 2022 dengan pertumbuhan penduduk sebesar 10,6% dan pertumbuhan perekonomian sebesar 3,7%.

Kata Kunci:  Regresi linear, statistik penduduk dan ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Marsudi, Djiteng, lr, 1997, Pembangkit Energi Listrik, PT. Jalamas Berkatama dan STT-YPLN Jakarta.
[2] Tadjuddin Hamdany, 2011, Proyeksi Kebutuhan Daya Listrik di Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2007-2020, Jurnal Ilmiah Foristek Vol.l, No. 1.
[3] Arfita Yuana Dewi, 2012, Prediksi Kebutuhan Energi Listrik Kota Padang Sampai Tahun 2020, Jurnal Teknik Elektro ITP, Volume. 1, No. 1.
[4] Kasmir, SE,MM, Jakfar, SE,MM, 2003, Studi Kelayakan Bisnis, Prenada Media, Jakarta.
[5] Cekmas Cekdin, 2005, Teori dan Contoh Soal Teknik Elektro Menggunakan Bahasa Pemrograman Matlab, Andi, Yogyakarta
Published
2018-12-29
How to Cite
[1]
U. Situmeang, “Prakiraan Kebutuhan Energi Listrik Di Kelurahan Sungai Mempura Sebagai Kawasan Ekowisata”, SainETIn, vol. 3, no. 1, pp. 25-32, Dec. 2018.
Section
Articles
Abstract viewed = 141 times
pdf downloaded = 807 times