Perhitungan Potensi Energi Listrik Pada Sekam Padi Melalui Metode Gasifikasi

  • Umar Faruq Al-afifi Universitas Mulawarman
  • Erdin Syam Universitas Mulawarman
  • Elvin Piter Universitas Mulawarman
Keywords: Renewable, PLTBM, Gasification, Rice Husk

Abstract

             Sejak pertama kali ditemukannya Minyak bumi, Pemakaian Minyak bumi sebagai bahan bakar terus menunjukan peningkatan yang luar biasa dari waktu ke waktu, Sebagai subsidi untuk transportasi atau untuk tujuan lainnya, riset membuktikan bahwa dikhawatirkan energi minyak bumi yang berasal dari fosil akan habis dalam waktu dekat, hal ini memunculkan berbagai  inovasi baru terutama dalam menciptakan bahan bakar baru yang berfungsi sama selayaknya energi fosil, dalam hal ini diperkenalkanlah Biomassa yaitu energi yang berasal dari limbah nabati, yang menjadikan energi ini tidak hanya sebagai alternatif dan hemat tetapi juga membantu membersihkan limbah di Bumi. Biomassa dapat dipergunakan sebagai Bahan Konversi Energi dalam Pembangkit Listrik yang berbahan dasar Biomassa melalui berbagai teknologi. Pada jurnal ini teknologi PLTBM yang digunakan adalah Gasifikasi pada sekam padi. Dalam perancangan gasifikasi ini divisualkan dengan berbasis simulasi dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di PLTD Biomassa Indramayu. Berdasarkan produksi padi di kab.Maros tahun 2016 yaitu 202.000 ton, akan menghasilkan sekitar 40.000 ton sekam padi yang setelah dimanfaatkan akan didapatkan sekitar 17.466,22 MW. Pada penelitian ini energi listrik dihasilkan dari nilai kalor dari padi setelah proses Gasifikasi yang berbentuk Msyngas. Dengan Msyngas inilah yang memberikan Energi Mekanik kepada turbin dalam memberikan stimulus kepada generator untuk menghasilkan listrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Pujotomo, “Potensi Pemanfaatan Biomassa Sekam Padi Untuk Pembangkit Listrik Melalui Teknologi Gasifikasi,” Energi dan Kelistrikan J. Ilm., vol. 9, no. 2, pp. 126–135, 2017.

J. E. Witoyo, “Makalah Bioenergi Gasifikasi Biomassa Sekam Padi,” Universitas Brawijaya Malang, 2014.

Noviyanto, F. Amirotus, V. U. A, H. Anwar, S. Gunawan, and T. Widjaya, “Produksi Gas Metana Dari Limbah Jerami Padi Dengan Inokulasi Mikroorganisme Rumen Sebagai Sumber Energi Terbarukan,” J. Tek. Kim., vol. 9, no. 2, pp. 58–61, 2019.

B. P. dan P. Pertanian., “Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Alternatif dalam Rumah Tangga Petani,” Sinar Tani, Jakarta, 2008.

Monice and Perinov, “Analisis Potensi Sampah Sebagai Bahan Baku Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Pekanbaru,” SainETIn, vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2016.

S. Herodian, “Peluang dan Tantangan Industri Berbasis Hasil Samping Pengolahan Padi. Arikel,” J. Pangan, vol. 16, no. 1, pp. 38–49, 2007.

H. Susanto, Pengembangan teknologi Gasifikasi Untuk Mendukung Kemandirian Energi dan Industri Kimia, no. November. Bandun: ITB, 2018.

E. Suhendi, G. U. Paradise, and I. Priandana, “Pengaruh Laju Alir Udara Dan Waktu Proses Gasifikasi Terhadap Gas Producer Limbah Tangkai Daun Tembakau Menggunakan Gasifier Tipe Downdraft,” J. Bahan Alam Terbarukan, vol. 5, no. 2, pp. 45–53, 2016.

S. Prasetya.D.Y., M. Sucipta, and I. N. S. Winaya, “Perancangan Gasifikasi Dowdraft dengan Variasi Laju Aliran Oksigen Sebagai Agen Gasifikasi. Universitas Udayana. Bali.,” J. Mettek, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2015.

G. Grassi, A. Collina, and H. Zibetta, “Biomass for Energy, Industry and Environment,” in International Conference on Biomass for Energy, Industry and Environment held in Athens, Greece, 1991, p. 1464.

S. Widiyanto and S. Putro, “Analisa Nilai Kalor Pengujian Bahan Bakar Biomassa Terhadap Korelasi HHV (High Heating Value),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Sears and Zemansky, Fisika Universitas, 10th ed. Jakarta: Erlangga, 2002.

Published
2021-03-05
How to Cite
[1]
U. F. Al-afifi, Erdin Syam, and Elvin Piter, “Perhitungan Potensi Energi Listrik Pada Sekam Padi Melalui Metode Gasifikasi”, SainETIn, vol. 4, no. 2, pp. 48 -, Mar. 2021.
Section
Articles
Abstract viewed = 1718 times
pdf downloaded = 2667 times