Sistem Informasi dan Distribusi Bibit pada Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan Berbasis Web

  • Wirdah Choiriah Universitas Lancang Kuning
  • Saddam Zubeir Siregar Universitas Lancang Kuning
  • Mhd. Arif Hasan Universitas Lancang Kuning
Keywords: SISFO, Distribusi Bibit, Dinas Perkebunan, WEB

Abstract

Dinas Perkebunan kabupaten Pelalawan mempunyai program kegiatan penyaluran bibit perkebunan kepada kelompok tani. Petani mendapatkan informasi penyaluran bibit dari sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan tersebut. Sistem yang berjalan saat ini menyulitkan petani mengetahui ketersediaan stok bibit karena kurangnya informasi tentang penyaluran bibit, proses pengolahan data penyaluran bibit di Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan sering mengalami kesalahan dan hasil laporan penyaluran bibit mengalami keterlambatan karena proses pencarian data yang lama. Untuk itu perlu dirancang aplikasi penyaluran bibit perkebunan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Perancangan aplikasi menggunakan metode SDLC model waterfall dengan alat bantu perancangan UML. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya Aplikasi Penyaluran Bibit Perkebunan Berbasis Web pada Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan. Dengan aplikasi ini petani bisa mengetahui informasi proses pengolahan data penyaluran bibit perkebunan menjadi lebih cepat, tepat, akurat, dan relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Loveri Tomi (JIK- Jurnal Ilmu Komputer-Vol.6, No.1, 2017 - eISSN : 2579-3918). Judul
:"Sistem Informasi Penyaluran Benih Bibit Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Pasaman Barat"
[2]. Tone Kamaruddin (Jurnal INSTEK- Informatika Sains Dan Teknologi-Volume 1.Nomor 1. Oktober 2016-ISSN 2541-1179). Judul :"Rancanga Bangun Sistem Informasi Distribusi Bantuan Sosial Beras Miskin (Studi Kasus Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto)"
[3]. Aprini Nisma, S.P, M.Si (Jurnal Informatika-Vo.4, No.2, Maret 2016-ISSN : 2301-5632). Judul :"Sistem Informasi Bantuan Bahan Pertanian Di Kota Pagar Alam Berbasis Web”
[4]. Fitri Febby Anggrainie, Minarni, S.Kom., MM ( Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA, 2016) ). Judul :"Sistem Informasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi PT. Aneka Tani Mandiri Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur Berbasis Web"
[5]. Indonesian jurnal, “Sistem informasi akademik berbasis web pada lembaga bimbingan belajar BE EXELENTPACITAN Riska Liatmaja”, 56-63
Published
2023-12-31
How to Cite
Wirdah Choiriah, Saddam Zubeir Siregar, & Mhd. Arif Hasan. (2023). Sistem Informasi dan Distribusi Bibit pada Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan Berbasis Web. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 183-190. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18521
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 1 times