APLIKASI PENGADUAN KERUSAKAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIAK

  • Fajarudin Fajarudin Universitas Lancang Kuning
  • Zamzami Zamzami Universitas Lancang Kuning
  • Lisnawita Lisnawita Universitas Lancang Kuning
Keywords: Department of Transportation, Aplikasi Pengaduan, Web

Abstract

Dinas Perhubungan Kabupaten Siak merupakan suatu instansi pemerintahan yang bergerak dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pada sektor perhubungan. Dinas Perhubungan Kabupaten Siak belum menggunakan aplikasi untuk mendukung proses pengaduan kerusakan rambu-rambu lalu lintas. Salah satu upaya untuk mendukung proses pelayanan pengaduan pada Dinas Perhubungan adalah dengan menerapkan aplikasi pengaduan berbasis website. Melalui aplikasi pengaduan berbasis website ini dapat meningkatkan pelayanan Dinas dalam proses pengaduan serta membantu masyarakat yang selama ini melakukan pengaduan secara manual, sehingga pelayanan serta penanganan menjadi kurang efektif. Aplikasi pengaduan berbasis web yang terdiri dari berbagai modul aplikasi yang berfungsi untuk membantu Dinas Perhubungan dalam memberikan informasi dan memberikan layanan yang lebih baik. Dalam sistem ini terdapat modul pendaftaran sebagai tempat untuk pengguna, modul pengaduan yang dapat menjadi sarana tempat pengaduan untuk masyarakat, dan modul laporan yang berfungsi sebagai informasi tentang kegiatan yang terjadi mengenai kerusakan rambu-rambu lalu lintas pada Dinas Perhubungan.

Kata kunci: Dinas Perhubungan, Aplikasi Pengaduan, Web

 

Abstract

                    The Department of Transportation of Siak Regency is a government institution that is engaged in improving the economy of the community in the transportation sector. The Department of Transportation of Siak Regency has not used the application to support the complaints process for damage to traffic signs. One effort to support the complaints service process at the Transportation Agency is to implement a website-based complaint application. Through this website-based complaint application, it can improve services in the complaints process and help people who have made complaints manually so that services and handling are less effective. A web-based complaint application that consists of various application modules that serve to assist the Transportation Agency in providing information and providing better services. In this system there is a registration module as a place for users, a complaints module that can be a place for complaints to the public, and a report module that functions as information about activities that occur related to damage to traffic signs at the Ministry of Transportation.

 

Keyword : Department of Transportation, Complaint Application, Web

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. T. Sinambela, i. I. Thamrin, and i. L. Sardi, “aplikasi pengaduan kemacetan lalu lintas di kota bandung berbasis mobile dengan gps,” vol. 2, no. 1, pp. 81–87, 2016.
[2] Anofrizen, “program keluarga harapan kota pekanbaru ( studi kasus : dinas sosial dan pemakaman kota pekanbaru ),” vol. 3, no. 1, pp. 97–101, 2017.
[3] M. S. Ferdiansyah, j. T. Informatika, d. Kampus, s. Tinggi, and t. Nurul, “aplikasi quick response dalam melayani pengaduan kerusakan sarana stt nurul jadid berbasis android dan,” vol. 8, pp. 152–157, 2016.
[4] A. Ridwan and h. Hamrul, “aplikasi pengaduan masyarakat berbasis website pada kantor harian palopo gambar 1 . Use case diagram,” pp. 161–172, 2017.
[5] I. M. Wahyu hidayat ibrahim, “sistem informasi pelayanan publik berbasis web pada dinas pekerjaan umum kabupaten kampar,” vol. 3, no. 2, pp. 17–22, 2017.
[6] l. Syafrika deni rizki, lucky lhaura van fc, “sistem informasi geografis pemetaan kandang perternakan di kabupaten padang pariaman berbasis android,” vol. 7, no. 2, pp. 100–107, 2016.
[7] D. I. Puspitasari, a. Fath, r. Kholdani, b. Ramadhani, and t. A. Tegar, “pemanfaatan webgis untuk pemetaan lokasi dan kondisi rambu lalu lintas kota banjarbaru,” pp. 311–323.
[8] F. Eriyani, b. Priyambadha, and h. Nurwarsito, “pengembangan aplikasi mobile pengaduan masyarakat pada dinas perhubungan kota malang menggunakan fitur location based service berbasis android,” vol. 3, no. 4, pp. 4083–4091, 2019.
[9] Roger, s. Pressman, ph.d. , rekayasa perangkat lunak (pendekatan praktisi) edisi 7 : buku 1 “, yogyakarta: andi. 2012.
[10] Abdul kadir. “ pengenalan sistem informasi”. Andi, yogyakarta., 2014
Published
2020-12-30
How to Cite
Fajarudin, F., Zamzami , Z., & Lisnawita, L. (2020). APLIKASI PENGADUAN KERUSAKAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIAK. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 1(1), 140-148. https://doi.org/10.31849/semaster.v1i1.6085
Abstract viewed = 260 times
PDF downloaded = 139 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>