Pemasaran Buah Apel Fuji (Malus pumila) di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan

  • Lidiana Saputri Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Suslinawati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Inda Ilma Ifada Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Keywords: pemasaran, apel fuji, efisiensi

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam dunia bisnisdalam mengalirkan sebuah produk agar bisa sampai ke tangan konsumen.

Buah Apel memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh dibandingkan buah impor lainnya. Apel Fuji lebih banyak disukai masyarakat kota Banjarmasin, akan tetapi selalu tersedia di lapak pedagang sehingga dikhawatirkan terjadinya kelebihan impor yang menyebabkan stok tertimbun. Penting diketahui saluran, fungsi, aliran barang, aliran uang, aliran informasi, biaya, keuntungan, margin, dan efisiensi pemasarannya.

Sampel dalam penelitian diambil secara sengaja sebanyak 5 agen besar sebagai key informan, kemudian dilakukan secara Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran. Fungsi pemasaran pada Saluran I adalah penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, sortasi, informasi pasar (AB). Saluran II penjualan, pembelian (AB, PG), pengangkutan (AB, PG), penyimpanan (AB, PG), sortasi (AB), penanggungan resiko (PG), informasi pasar (AB, PG). Saluran III penjualan, pembelian (AB, PE), pengangkutan (PE), penyimpanan (AB, PE), sortasi (AB), penanggungan resiko (PE), informasi pasar (AB, PE). Aliran barang terjadi mengalir dari agen besar hingga ke konsumen, sedangkan aliran uang mengalir ke arah sebaliknya dari konsumen hingga ke agen besar, dan aliran informasi mengalir secara dua arah. Biaya total pemasaran yang ditanggung pada masing-masing saluran adalah rata-rata Rp3.841/kg (I), Rp12.211/kg (II), dan Rp12.930/kg (III). Keuntungan pemasaran agen besar adalah Rp7.924/kg (I), Rp3.453/kg (II), dan Rp5.153/kg (III), pedagang grosir Rp4.630/kg (II), dan pedagang ecer Rp7.211/kg (III). Total margin yang diperoleh adalah Rp11.765 (I), Rp20.294 (II), dan Rp25.294 (III). Efisiensi pemasaran yang didapat adalah sebesar 14,51% (I), 34,89% (II), dan 32,33% (III).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Subagyo, P., dan Ahmad Z. Pemungutan Pektin dari Kulit dan Ampas Apel Secara Ekstraksi.Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta; 2010.

[2] Zaki, B. Intermediate Accounting. Edisi8. Yogyakarta : Salemba Empat. 2004.

[3] Soekartawi. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Press. 1989.

[4] Fatmawati dan Zulham. Analisis Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Petani Jagung (Zea mays) di Desa Suka Makmur Kabupaten Pahuwato Provinsi Gorontalo. Agricultural Technology Journal. 2019; Vol : 2 (1).

[5] Sumarno. Tingkat Efisiensi Saluran Pemasaran Dangke di Desa Sumbang Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Makassar : UMM; 2018.

[6] Pushpa, A. A. G. dan Fransiskus R. Saluran dan Margin Pemasaran Apel di PT. Laris Manis Utama Bali Kecamatan Denpasar Timur. dwijenAGRO. 2017;Vol : 7 (2).

[7] Ningrum, A. T., Susni H., dan Hari K. Analisis Fungsi Pemasaran Buah Manggis di Hutan Rakyat Desa Air Kubang Kabupaten Tanggamus. Jurnal Hutan Tropis. 2020; Vol. 8 (2).

[8] Ramadinata F., Ali I. H., dan Suriaty S. Efisiensi Pemasaran Produk Duku Lampung Melalui Pendekatan Serba Fungsi di Kabupaten Lampung Selatan. JIIA. 2014; Vol. 2 (3).

[9] Fadhlullah, A. D., Titik E., dan Mukson. Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Kedelai di UD Adem Ayem Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 2018; Vol : 4 (2).

[10] Geha, A., Ni Putu N., dan Paulina Y. A. Analisis Aliran Barang, Aliran Uang, dan Aliran Informasi pada Usaha Kecil Emping Jagung Sima Indah Kelurahan Sikumana. Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial. 2021; Vol : 2 (2).

[11] Saputro, N. Y. dan Eko S. Analisis Supply Chain Management (SCM) Komoditas Cabai Rawit Merah di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Teknologi Humanis di Era Society 5.0. 2019; 2685-5615.

[12] Zahra, Fatimah A. dan Dahlia Nauly.Analisis Saluran Pemasaran Belimbing Dewa di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Jurnal Agribisnis Indonesia. 2020; Vol. 9 (1) : 13-22.
[13] Kai, Y., Mahludin B., dan Wawan K. T. Analisis Distribusi dan Margin Pemasaran Usahatani Kacang Tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA : Jurnal Ilmiah Agribisnis. 2016; Vol : 1 (1).

[14] Putri, Y. R., Siswanto I. S., dan Wiludjeng R. Farmer Share dan Efisiensi Saluran Pemasaran Kacang Hijau (Vigna radiate, l.) di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Jurnal Agri Wiralodra. 2014; Vol. 6 (2).

[15] Erzal, M. F., Taslim, dan Adjat S. M. Analisis Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Itik Lokal Pedaging.Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. 2015.

[16] Zuraida dan Yayuk M. W. Efisiensi Pemasaran Kacang Tanah (Arachis hypogeae L) di Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. ZIRAA’AH. 2015; Vol : 40 (3).
Published
2023-07-18
Abstract viewed = 256 times
pdf downloaded = 392 times