Publication Ethics

Etika Publikasi

Jurnal Agribisnis yang diterbitkan oleh fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning Berisi hasil penelitian yang belum dipublikasikan. Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan jurnal ilmiah ini, yaitu pengelola jurnal, editor, penulis, dan reviewer. Berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 tahun 2014 tentang Kode Etik Publikasi Ilmiah, Kode Etik Publikasi Ilmiah menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu : Netralitas, yang bebas dari konflik kepentingan dalam pengelolaan publikasi; Keadilan, yaitu memberikan hak kepenulisan kepada mereka yang berhak menjadi penulis / penulis; dan Kejujuran, yang bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme dalam publikasi.

 Tugas Editor

1.    Editor menerima, meninjau, dan menindaklanjuti keluhan dari semua pihak yang terlibat dalam    penerbitan jurnal

2.    Editor bertanggung jawab untuk memutuskan setiap artikel yang telah diserahkan ke jurnal yang sesuai dan memenuhi kriteria untuk publikasi. Para editor dapat berdiskusi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

3.    Editor mengevaluasi setiap teks untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, keyakinan agama, dan etnis dari masing-masing penulis.

4.    Editor dan setiap staf editorial tidak mengirimkan informasi apa pun terkait dengan teks yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, reviewer.

5.    Editor mendorong penulis / author agar dia dapat memperbaiki artikel sampai layak dipublikasikan.

6.    Editor melakukan tata letak skrip yang akan dipublikasikan sehingga cocok dengan template jurnal.

7.    Editor membantu pemimpin redaksi dalam menyelesaikan koleksi manuskrip sebelum dicetak dan dipublikasikan, terutama dalam hal bahasa, format dan tata letak.

Tugas Reviewer

1.    Reviewer memberikan rekomendasi dan membantu editor dalam memproduksi keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas naskah.

2.    Review  harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi untuk penulis tidak tepat. Reviewer harus menyatakan pendapat dengan jelas bersama dengan argumen pendukung.

3.    Reviewer harus mengidentifikasi karya yang relevan yang telah diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang pengamatan, elaborasi, atau argumen sebelumnya telah dilaporkan harus disertai dengan kutipan yang relevan.

4.    Reviewer harus memperingatkan editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang ditinjau dan setiap makalah lain yang diterbitkan sesuai dengan pengetahuan resensi.

5.    Setiap informasi atau ide penting yang diperoleh melalui proses peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

6.    Menjaga kerahasiaan teks, dengan tidak mendiskusikannya dengan pihak yang tidak terkait, atau mengungkapkan informasi yang terkandung dalam teks kepada pihak lain. 

Tugas Penulis

1.    Penulis menyajikan laporan akurat dari pekerjaan yang dilakukan dan tujuan diskusi dan maknanya dengan jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme, dan manipulasi data.

2.    Penulis bertanggung jawab atas konfirmasi yang dikirimkan untuk artikel yang telah ditulis.

3.    Penulis tidak keberatan jika naskahnya diedit tanpa mengubah substansi atau gagasan utama penulisan.

4.    Penulis memastikan bahwa karya dan manuskrip sepenuhnya asli dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata dari orang lain bahwa ini telah dinyatakan dengan benar atau dikutip.

5.    Seorang penulis tidak mempublikasikan teks yang sama dari studi yang sama di lebih dari satu jurnal. Mengirimkan teks yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan adalah perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

6.    Penulis harus mengutip publikasi yang telah memberikan efek dalam penelitian yang dilaporkan.

7.    Penulis harus memastikan bahwa semua rekan penulis sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas yang terdaftar di dalamnya dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir dari teks dan telah setuju untuk mengirimkannya sebagai publikasi.