ANALISIS PEMASARAN PADI SAWAH DI KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

  • Darus Darus Universitas Islam Riau
Keywords: lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, saluran pemasaran, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran.lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, saluran pemasaran, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran.

Abstract

Artikel ini menjelaskan pemasaran padi sawah di kecamatan Rambah Samo yang disurvey pada akhir tahun 2016. Keadaan sistem pemasaran adalah sederhana bermula dari petani menjual kepada pedagang atau usaha penggilingan padi.  Selanjutnya  padi di penggilingan dijual ke pedagang besar di tempat lain (kota). Kemudian pedagang besar menjual berasnya ke pedagang eceran di kota atau langsung ke konsumen tempatan. Sedangkan lembaga pemasaran padi sawah di kecamatan ini terdiri dari pedagang pengumpul yang sebenarnya adalah lembaga perantara yang langsung melakukan pembelian dalam skala wilayah kelurahan atau kecamatan Rambah Samo. Manakala fungsi pemasaran dilaksanakan oleh pedagang pengumpul sebagai lembaga perantara yang langsung melakukan pembelian dalam wilayah kelurahan atau kecamatan.Saluran pemasaran, baik gabah maupun beras olahannya dilakukan melalui pedagang pengumpul kemudian ke konsumen. Keadaan marjin pemasaran yang diperoleh petani yaitu sebesar Rp2.103/kg. Margin pemasaran pada tingkat pedagang pengumpul/huller cukup besar  yaitu Rp5.807/kg.  Dengan harga jual padi petani ke pedagang pengumpul/Huller dan harga pokok produksi sebesar Rp2.103/kg dan biaya pemasaran Rp190/kg, maka keuntungan menjadi Rp1.913,26/kg. Keuntungan pemasaran beras yang diperoleh pedagang sebesar Rp 4.017/kg. Pada sistem pemasaran padi yang ada di Kecamatan Rambah Samo bagian yang diterima petani adalah 35,47 persen dari harga yang dibayar konsumen akhir. efisiensi pemasaran padi diperoleh sebesar 18,23 Jadi pemasaran padi/beras di Kecamatan Rambah Samo adalah sangkil (efisien).

 

Kata Kunci: lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, saluran pemasaran, marjin pemasaran,  efisiensi pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri. S, 1989, Pengantar Ekoni Makro, FE-UI, Jakarta

Damardjati, D.S dan Made Oka. A, 1992, Evaluation of urban consumer Preferences for rice quality charactiristies in Indonesia, In consumer demend for rice grain cuality. Eds L.J. Unnevehr, B.Duff, and B.O Juliano, International Rice Research Institute, Philippines and International Devlopment Research Centre

Mubyarto, 1997, Pengantar Ilmu Pertanian, LP3ES, Jakarta

Kotler, P. 2009 Manajemen Pemasan Jilid 1, Edisi 13 Erlangga, Jakarta

Kotler, P. 2009 Manajemen Pemasan Jilid 2, Edisi 13 Erlangga, Jakarta

Panglaykim, 1983 Pemasaran (Marketing) dan Bisnis dari Perspektif Indonesia, PT. Pembangunan Djakarta.

Radiosunu, Manajemen Pemasaran suatu Pendekatan Analisis, BPFE, Yogyakarta

Saragih. B, 2007, Agribisnis Paradigma Baru Pertanian. Agrina Yayasan Mulia Persada Indonesia, Bogor.

Soekartawi, 2000, Pengantar Agroindustri, Raja Grafindo, Jakarta.

Saefuddin dan Hanafiah, 1983. Tata Niaga Hasil Pertanian Universitas Indonesia Press, Jakarta

Swasta B, DH, 2003, Saluran Pemasaran, BPFE, Yogyakarta.
Published
2018-07-24